Penerapan Pengenalan Wajah dengan Algoritma Viola-Jones Artificial Intelligence Berbasis Internet of Things Menggunakan ESP32-CAM

Authors

  • Agus Rianto Universitas Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56795/fortech.v5i1.5107

Keywords:

Pengenalan Wajah, Algoritma Viola-Jones, Artificial Intelligence, Internet of Things, ESP32-CAM, Keamanan

Abstract

Dengan berkembangnya  teknologi sekarang ini teknologi pengenalan wajah berkembang sangat pesat  digunakan dalam berbagai bidang, seperti keamanan berbasis AI , otentikasi, dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengenalan wajah yang efisien dan real-time dengan mengimplementasikan algoritma Viola-Jones pada perangkat ESP32-CAM ,  mikrokontrol ESP32 – CAM ini sebagai sensor kamera yang sudah include mikrokontrol yang berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan akses di berbagai aplikasi yang dapat dikontrol secara real time. Manfaat utama dari penelitian ini adalah memanfaatkan kemampuan komputasi ESP32-CAM yang terjangkau dan hemat energi untuk menyediakan solusi pengenalan wajah yang dapat diintegrasikan dengan sistem IoT lainnya. Selain itu, penggunaan algoritma Viola-Jones memungkinkan deteksi wajah yang cepat dan akurat, meskipun terdapat beberapa kendala terkait variasi pencahayaan dan sudut pandang. Permasalahan utama yang dihadapi dalam penelitian ini adalah keterbatasan daya komputasi dan memori pada ESP32-CAM, yang dapat mempengaruhi kinerja algoritma pengenalan wajah. Oleh karena itu, penelitian ini juga mencakup optimasi algoritma dan pengaturan sistem untuk mengatasi keterbatasan tersebut dan memastikan kinerja yang optimal. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam bidang keamanan berbasis IoT dengan menghadirkan solusi yang praktis, efektif, dan dapat diterapkan di berbagai lingkungan.

References

M. Santana, S. Purnamawati, and R. F. Rahmat, “Aplikasi Pendeteksi Wajah Manusia untuk Menghitung Jumlah Manusia,” Lentera: Jurnal Ilmiah Sains …, 2015

P. W. Panekenan, S. Sompie, and ..., “Implementasi Pengenalan Wajah pada Robot Beroda,” Jurnal Teknik …, 2019.

N. Aini and I. Irmawati, “Implementasi Metode Fisherface pada Absensi Wajah Karyawan Studi Kasus PT. Illuminati Metamorphosis Makassar,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 2017.

S. Rahman and A. M. Elhanafi, “Aplikasi Pengenalan Wajah Menggunakan Algoritma Backpropagation dan Voila Jones,” JURNAL TEKNOLOGI DAN ILMU …, 2018.

A. Saleh, E. Indra, and M. Harahap, “Kombinasi Jaringan Learning Vector Quantization Dan Normalized Cross Correlation Pada Pengenalan Wajah,” Jurnal Sistem Informasi Dan …, 2020..

S. N. Faadhilah, S. Bukhori, and J. A. Putra, “Pengenalan Ekspresi Emosi pada Citra Wajah Menggunakan Extreme Learning Machine Studi Kasus Dataset Publik JAFFE: Emotional Expressions Recognition in …,” MALCOM: Indonesian Journal …, 2022.

F. Rusilawati, H. W. Kinasih, and ..., “PERBANDINGAN TINGKAT AKURASI BENTUK FRAME MENGGUNAKAN TEMPLATE MATCHING PADA PENGENALAN WAJAH,” Jurnal Ilmiah Informatika …, 2017.

R. Firliana, “Implementasi Principal Component Analysis (PCA) untuk pengenalan wajah manusia,” Nusantara of Engineering (NOE), 2015.

S. Sunardi, A. Fadlil, and D. Prayogi, “Sistem Pengenalan Wajah pada Keamanan Ruangan Berbasis Convolutional Neural Network,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer …, 2022.

M. S. Hidayatulloh, TA: Sistem Pengenalan Wajah Menggunakan Metode YOLO (You Only Look Once). repository.dinamika.ac.id, 2021. .

A. I. Atmajaya, Implementasi Biometrik Dengan Pengenalan Wajah Menggunakan Metode Fisherface Pada Sistem Starting Mesin Mobil. repository.ppns.ac.id, 2015.

P. N. Primandari, “Sistem Pakar Pengenalan Ekspresi Wajah Manusia Menggunakan Metode Kohonen Self Organizing Dan Principal Componen Analysis,” INTEGER: Journal of Information Technology, 2018

F. M. Qotrunnada and P. H. Utomo, “Metode Convolutional neural network untuk klasifikasi wajah bermasker,” PRISMA, Prosiding seminar …, 2022.

N. S. Salahuddin, N. Iramadhan, S. P. Sari, and ..., “Prototipe Sistem Keamanan Pintu Inkubator Bayi melalui Pengenalan Wajah menggunakan Kamera Web dan OpenCV berbasis Raspberry Pi,” Techno …, 2022.

R. Susanti and N. Fadillah, “Deteksi Wajah Secara Real Time Menggunakan Metode Camshift,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA …, 2019.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Rianto, A. (2024). Penerapan Pengenalan Wajah dengan Algoritma Viola-Jones Artificial Intelligence Berbasis Internet of Things Menggunakan ESP32-CAM. Jurnal FORTECH, 5(1), 48–57. https://doi.org/10.56795/fortech.v5i1.5107