Pemodelan Dinamik Non-linear dan Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Studi Kasus: PLTMH UMM

Main Article Content

Jannata Savira Transferano
Ermanu Azizul Hakim
Ilham Pakaya

Abstract

Pada operasi pembangkit tenaga listrik salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), energi yang masuk pada pembangkit harus seimbang dengan beban pelanggan. Terkadang keseimbangan ini dapat terganggu walaupun terdapat perubahan yang sangat kecil. Hal ini diakibatkan oleh berubahnya beban pelanggan secara tiba-tiba. Jika sistem tidak dapat seimbang maka dapat mengakibatkan kecepatan putar generator dan tegangan sistem menyimpang dari kondisi normal sehingga energi akan berkurang. Dalam penelitian ini akan dilakukan pemodelan non-linear sistem tenaga listrik Pembangkit Lisrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang bertujuan untuk memberikan alternatif bagi penanganan stabilisasi sistem tenaga listrik Pembangkit Lisrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) secara optimal untuk mengurangi hilanganya energi yang diakibatkan oleh perubahan beban. Selain itu upaya untuk menjaga sistem tenaga listrik tetap stabil ialah dengan menambah Power System Stabilizer (PSS) yang menyediakan sinyal tambahan bagi sistem eksitasi pada generator. Metode PSO dan GA digunakan untuk meningkatkan kinerja PSS. Simulasi yang dilakukan pada MATLAB 2017B menunjukkan bahwa model non-linear sistem tenaga listrik menghasilkan kecepatan putar rotor generator dengan settling time yang jauh lebih baik dari model linear dan penambahan PSS sangat berpengaruh untuk membuat nilai overshoot lebih kecil dan juga secara keseluruhan metode PSS-PSO menunjukkan hasil yang lebih baik daripada PSS-GA.

Article Details

How to Cite
Jannata Savira Transferano, Ermanu Azizul Hakim, & Ilham Pakaya. (2021). Pemodelan Dinamik Non-linear dan Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Studi Kasus: PLTMH UMM. SinarFe7, 4(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/106
Section
Articles

References

I. Rachmawati, “Pemodelan Sistem Dinamik PLTMH

Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang,”

Universitas Muhammadiyah Malang, 2014.

M. Dehghani and S. K. Y. Nikravesh, “Nonlinear state space model identification of synchronous generators,” Electr. Power Syst. Res., vol. 78, no. 5, pp. 926–940, 2008, doi: 10.1016/j.epsr.2007.07.001.

A. A. Usman and R. A. Abdulkadir, “Modeling and Simulation of Micro Hydro Power Plant Using Matlab Simulink,” in 2nd International Conference on Science, Technology, and Management, 2015, pp. 1121–1133.

E. A. Hakim and N. Kasan, “Model Linear Sistem Tenaga Listrik PLTMH UMM,” pp. 50–57, 2016.

M. R. Djalal, H. Nawir, S. Sonong, and M. Marhatang, “Desain Optimal Power Sistem Stabilizer Pada Unit Pembangkit Bakaru Berbasis Ant Colony Optimization,” Transmisi, vol. 21, no. 3, p. 70, 2019, doi: 10.14710/transmisi.21.3.70-78.

P. P. Surya and D. Irawan, “Kecerdasan Buatan Berbasis Particle Swarm Optimization, Ant Colony Optimization dan Firefly Algorithm Untuk Meredam Osilasi Gangguan Pada Sistem Pembangkit Listrik,” vol. 8, no. 3, pp. 200–205, 2017.

I. A. Permana, I. N. Suweden, W. A. Wijaya, J. T. Elektro, F. Teknik, and U. Udayana, “Analisis Penggunaan Power System Stabilizer ( PSS ) Dalam Perbaikan Stabilitas Transien Generator Sinkron,” vol. 2, no. 1, pp. 24–29, 2015.

A. Khuriati R.S., “Identifikasi dan Perancangan Pengendali PID Menggunakan Penduga ARX Sistem Pemanas Udara (Halaman 1 s.d. 5),” J. Fis. Indones., vol. 17, no. 51, pp. 1–5, 2014, doi: 10.22146/jfi.24424.