Dasi Pintar Pengukur Suhu Tubuh Berbasis Arduino

Main Article Content

Gege Maulid Dewanata

Abstract

Pandemi COVID-19 adalah fenomena yang luar biasa membuat hampir seluruh dunia mengalami kepanikan. Semua sarana kesehatan sangat sulit didapatkan karena kapasitas rumah sakit yang sudah terlalu penuh. Alat-alat dan perlengkapan kesehatan mengalami kelangkaan hampir di seluruh daerah. Korban-korban berjatuhan karena wabah virus COVID-19 ini. Namun sejak pandemi ini sudah mulai diberlakukan banyak sekali upaya protokol kesehatan untuk saling menjaga antar sesame. Dan telah diketahui juga virus ini sangat mudah sekali menular dan penyebaran virus ini sangat cepat. Bahkan virus ini dapat menjangkiti semua kalangan masyarakat. Ciri awal orang yang terpapar virus ini yaitu demam, batuk, kelelahan dan kehilangan rasa dan indera penciuman. Penciptaan teknologi baru sangat diperlukan untuk menunjang kehidupan manusia di era pandemi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental yang menerapkan penggunaan Arduino dan pemanfaatan sensor DS18B20. Sensor DS18B20 berperan untuk mengukur suhu, kemudian akan diproses pada Arduino dan nantinya akan dikirim menuju sebuah aplikasi di smartphone. Aplikasi akan menampilkan data dari sensor DS18B20 dan pengguna akan mengetahui kondisi suhu tubuhnya. Deteksi awal pada alat ini yaitu mendeteksi suhu saat pengguna mengalami demam. Sensor akan mengirimkan data ke aplikasi dan pengguna maupun orang terdekat yang ikut memantau dapat segera mencari pertolongan ke rumah sakit apabila diperlukan. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan dan diaplikasikan kepada masyarakat. Agar pandemi virus ini bisa segera selesai dan aktivitas bisa segera pulih kembali.

Article Details

How to Cite
Gege Maulid Dewanata. (2021). Dasi Pintar Pengukur Suhu Tubuh Berbasis Arduino . SinarFe7, 4(1), 344–347. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/109
Section
Articles

References

R. N. Putri, “Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19”, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 20, no. 2, pp. 705-709, 2020.

T. A. P. Santoso, “Smart Shirt Untuk Mengukur Tingkat Kesehatan Dengan Menggunakan Teknologi Sensor Dan Fitur Digital”, Jurnal Sistem Cerdas, vol. 4, no. 2, pp. 104-113, 2021.

I. Ardiansyah and L. Nurpulaela, “Sistem Pengukuran Suhu Tubuh Otomatis Berbasis Arduino Sebagai Alat Deteksi Awal Covid-19”, Jurnal Orang Elektro, vol. 10, no. 2, pp. 60-64, 2021.

R. Wulandari, “Rancang Bangun Pengukur Suhu Tubuh Berbasis Arduino Sebagai Alat Deteksi Awal Covid-19”, Cirebon : Seminar Nasional Fisika, , 2020.

H. Isyanto and I. Jaenudin, “Monitoring Dua Parameter Data Medik Pasien ( Suhu Tubuh dan Detak Jantung ) Berbasis Arduino Nirkabel”, eLEKTUM, vol. 15, no. 1, pp. 19-24, 2017.