Pengaplikasian Artificial Neural Network (ANN) dalam Memprediksi Curah Hujan Menggunakan Python

Main Article Content

Muhammad Rizaldi M
Retno Diajeng Putri
Muhammad Rizky Nur R
Saifulla Amin
Muhammad Akli

Abstract

Bencana alam berupa banjir dan tanah longsor merupakan bencana yang paling sering terjadi di Indonesia dengan salah satu penyebabnya berupa intensitas curah hujan yang tinggi sehingga menimbulkan kerugian bagi warga sekitarnya, maka dari itu dengan memanfaatkan Artificial Neural Network (ANN) yang merupakan sebuah teknik pengolahan informasi seperti cara kerja sistem saraf yang akan menyelesaikan masalah tertentu berupa prediksi, yang pada penerapannya akan digunakan untuk memprediksi curah hujan sehingga membantu dalam mengantisipasi sebelum terjadinya bencana berupa banjir maupun tanah longsor. metode yang digunakan dalam penggunaan ANN terdiri dari pra-processing untuk mengkondisikan data yang akan digunakan, training untuk memahami pola nilai dari suatu data agar dapat memprediksi nilai yang akan datang, dan testing untuk melakukan pengujian sehingga menghasilkan keluaran berupa grafik perbandingan antara data yang telah ada dan hasil prediksi dimana dilakukan 7 kali percobaan yang menghasilkan 2 percobaan mendekati data sebenarnya sebanyak 15 dan 17 hari dari data 30 hari pada bulan November 2021

Article Details

How to Cite
Muhammad Rizaldi M, Retno Diajeng Putri, Muhammad Rizky Nur R, Saifulla Amin, & Muhammad Akli. (2021). Pengaplikasian Artificial Neural Network (ANN) dalam Memprediksi Curah Hujan Menggunakan Python. SinarFe7, 4(1), 369–373. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/112
Section
Articles

References

Seyhan, Dasar- Dasar Hidrologi., Yogyakarta : Gadjah Mada University Press., 1990

Hasnawir, INTENSITAS CURAH HUJAN MEMICU TANAH LONGSOR DANGKAL DI SULAWESI SELATAN, Makassar: Balai Penelitian Kehutanan Makassar, 2017.

Suroso. 2006. Analisis Curah Hujan untuk Membuat Kurva Intensity Duration Frequency (IDF) di Kawasan Rawan Banjir Kabupaten Banyumas. Jurnal Teknik Sipil Vol. 3.

H. Jayadianti, T. Cahyadi, N. Amri, dan M. Pitayandanu, “METODE KOMPARASI ARTIFICIAL NEURAL NETWORK PADA PREDIKSI CURAH HUJAN - LITERATURE REVIEW”, Jurnal Tekno Insentif, vol. 14, no. 2, hlm. 48-53, Agustus 2020.