Rancang Alat Pengukur Denyut Nadi Berbasis Sensor Strain Gauge Melalui Media Bluetooth Smartphone

Main Article Content

Winindra Al Haq

Abstract

Penelitian perancangan alat ini membahas tentang pemeriksaan medis yang mengacu pada pengecekan denyut nadi seseorang melalui teknologi yang sekarang ini berkembang pesat di pasaran. Di jaman sekarang ini masih banyak denyut nadi di cek dan di analisis secara manual dengan bantuan dokter atau perawat untuk dapat mengetahui kondisi denyut nadi saat diperiksa, cukuplah merepotkan jika hanya untuk memeriksa denyut nadi harus memerlukan pertolongan dokter atau perawat. Maka daripada itu perancangan alat denyut nadi yang dibuat secara portable dapat menggantikan kinerja dari dokter atau perawat secara manual, sehingga pemeriksaan denyut nadi dapat dipantau sendiri dengan bantuan sensor yang ditempelkan pada jari untuk membantu menganalisis denyut nadi, sehingga hasilnya dapat diketahui oleh pemeriksa dengan melihat langsung dari gadget yang sekarang ini beredar luas di pasaran. Dengan kondisi sekarang ini, peran para ahli begitu penting, sehingga perkembangan alat modern khususnya dalam hal biomedis untuk berbagai macam diagnosa dengan bantuan alat, dapat memudahkan pemeriksa mengecek kondisi denyut nadinya dengan teknologi yang semakin berkembang dewasa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi yang ada dengan bantuan sensor pulse sebagai media analisis dengan menghubungkannya pada mikrokontroler sebagai sumber tegangan, selain itu media bluetooth juga disematkan pada mikrokontroler sebagai koneksi untuk mengirim Analisa denyut nadi untuk selanjutnya ditampilkan di gadget. Sebagai alat yang dapat menganalisis denyut nadi, maka dari perancangan alat ini nantinya dapat membantu pemeriksa menganalisis sendiri kondisinya dengan cara menempelkan sensor pada permukaan jari yang nantinya dianalisis baik ke komputer terlebih dahulu maupun langsung ke smartphone yang terhubung oleh komunikasi bluetooth sebagai interface dari pembuatan alat modern ini. Berdasarkan hasil penelitian yang diuji didapatkan pemeriksaan denyut nadi dengan relawan 10 orang didapatkan error sebesar 0,70 %. Dengan perbedaan umur pada tiap orang diperoleh kondisi sebelum beraktifitas yaitu dengan rentang 60 - 100 bpm, adapun perbedaan hasil pengujian baik sebelum dan sesudah beraktifitas tergantung dari keseriusan orang tersebut melakukan aktifitas.

Article Details

How to Cite
Winindra Al Haq. (2021). Rancang Alat Pengukur Denyut Nadi Berbasis Sensor Strain Gauge Melalui Media Bluetooth Smartphone. SinarFe7, 4(1), 497–502. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/128
Section
Articles

References

Saleh Akuwan, Anang Budikarso. 2009. Rancang Bangun Pendeteksi Suhu, Tekanan Darah dan Detak Jantung untuk Medical Check Up, Prosiding SENTIA, Surabaya.

Sutresno Adita, 2010. Detektor Denyut Nadi Dengan Silicon Rubber dan Strain Gauge, Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIV, Semarang.

Wohingati Galuh Wahyu, Arkhan Subari. 2013. Alat Pengukur Detak Jantung Menggunakan Pulse Sensor Berbasis Arduino Uno R3 Yang Diintegrasikan Dengan Bluetooth. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Elektro Universitas Dipenogoro, Semarang.

Niswar Muhammad dkk. 2012. Aplikasi Jaringan Sensor Nirkabel Untuk Monitoring Medis Di Daerah Bencana. Prosiding INSINAS, Makassar.

Ilango Shivaraman, Pooja Sridhar. 2014. A Non-Invasive Blood Pressure Measurement using Android Smart Phones. Journal of Dental and Medical Sciences.

Sigit Radian, Sugondo Hadiyoso, Achmad Rizal, Koredianto Usman. 2014. Mini Wireless ECG for Monitoring Athletes’ ECG Signal Based on Smartphone. Journal of Engineering, Telkom University, Bandung.

Harahap Ahmad Nawawi, Bisman Perangin-angin. 2013. Sistem Pengukuran Detak Jantung Manusia Menggunakan Media Online Dengan Jaringan WI-FI Berbasis PC. Journal of FMIPA USU, Medan.

Jonuarti,Riri. 2013. Analisis Aliran Darah dalam Stenosis Arteri Menggunakan Model Fluida Casson dan Power-Law. Jurnal Ilmu Dasar, Padang.

Kalange A.E., S.A. Gangal. 2007. Piezoelectric Sensor For Human Pulse Detection. Defence Science Journal, Pune.

Kusuma Wahyu, Sendy Frandika. 2014. Alat Pengukur Jumlah Detak Jantung Berdasar Aliran Darah Ujung Jari. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional, Depok.