Sistem Otomatisasi Perawatan Aquascape Berbasis IOT (Internet Of Things)

Main Article Content

Muhammad Zainulloh Zain
Misbah
Rini Puji Astutik

Abstract

Aquascape merupakan cabang dari akuarium yang berisi ekosistem air tawar, mulai dari tanaman, batu, karang, kayu, serta ikan air tawar, yang ditata dengan indah hingga serupa dengan berkebun di dalam air. Aquascape membutuhkan perawatan untuk menjaga biota di dalamnya tetap hidup dan sehat. Beberapa perawatan yang harus diberikan secara rutin antara lain terkait dengan kualitas air yang meliputi kejernihan, suhu, dan tingkat keasaman air (pH); penggantian air apabila terjadi kekeruhan; serta pemberian pupuk dan pakan untuk menjaga kelangsungan hidup biota di dalam aquascape. Agar perawatan dapat dilakukan dengan mudah, dibuat alat otomatis untuk mengetahui tingkat kekeruhan air yang akan berlanjut pada penggantian air dan pemberian pupuk otomatis. Alat tersebut dirancang menggunakan mikrokontroler arduino mega 2560 R3. Secara umum, metode yang digunakan dimulai dengan melakukan studi literature untuk membuat rancangan sistem yang kemudian didesain sesuai dengan kebutuhan sebelum dilakukan pengujian dan analisis hasil. Tahap pengujian alat dilakukan terhadap RTC untuk pengujian waktu penyemprotan pupuk cair dan dosis pemberian pupuk cair, serta melalui kalibrasi sensor turbidity yang dapat mendeteksi kekeruhan untuk mengaktifkan alat penggantian air otomatis.

Article Details

How to Cite
Muhammad Zainulloh Zain, Misbah, & Rini Puji Astutik. (2021). Sistem Otomatisasi Perawatan Aquascape Berbasis IOT (Internet Of Things). SinarFe7, 4(1), 50–57. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/13
Section
Articles

References

Widhianto, Harsono. 2012. “Aquascape”. www.academia.edu (Diakses 14 Januari 2021)

Rukmana, H. Rahmat dan Yudirachman, H. Herdi. 2016. Sukses Budi Daya Ikan Mas Secara Intensif. Yogyakarta: Andi.

K. Robertson, M.J., Scruton, D.A., Gregory, R.S., Clarke. 2006. “Effect of Suspended Sediment on Freshwater Fish and Fish Habitat.” Can. Tech. Rep. Fish. Aquat. Sci, p. 37.

Brahmantika, Agung. 2019. “Sistem Otomatisasi Budi Daya Tumbuhan Aquascape Berbasis Arduino UNO”. Seminar Hasil Elektro SI ITN: Malang.

Nugroho, Wahyu Setiawan. 2017. "Mengenal Apa Itu Aquascape". Tribun News Jogja (Diakses 14 Januari 2021)

Aquair. --. “Sejarah terciptanya Aquascape yang awalnya sederhana hingga kini menjadi keindahan”. https://aquair.id/sejarah-aquascape/ (Diakses 14 Januari 2021)

Daulay, Nelly Khairani. 2018. “Desain Sistem Pengurasan Dan Pengisian Air Kolam Pembenihan Ikan Secara Otomatis Menggunakan Arduino Dengan Sensor Kekeruhan Air”. Jurnal Khatulistiwa Informatika. Vol. VI (1): hal. 58-62.

Lomo, Lika Abraham. 2016. “Smart Greenhouse Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2650 Rev 3”. Skripsi (Online). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Kurniawan, Fauzi. 2014. “Rancang Bangun Sistem Otomatisasi Pengendali Suhu dan Cahaya pada Seni Aquascape”. Skripsi (Online). Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Novitasari, Anisa Tri. 2017. “Rancang Bangun Alat Penggantian Air dan Pemberian Pakan secara Otomatis pada Akuarium Ikan Hias Berbasis Mikrokontroler”. Skripsi (Online). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Triawan, Yesi dan Sardi, Juli. 2020. “Perancangan Sistem Otomatisasi pada Aquascape Berbasis Mikrokontroller Arduino Nano”. Jurnal Teknik Elekro Indonesia. Vol. 1 (2): hal. 76-82.

Warsino, Dahana. 2010. "Buku Pintar Akuarium Air Tawar". Yoyakarta: C.V ANDI OFFSET.