Optimasi Output Photovoltaic Dengan Menggunakan Tracking Dinamis Berdasarkan Waktu Penyinaran Matahari

Main Article Content

Alfi Bahar
Misbahul Munir
Titiek Suheta

Abstract

Teknologi dual axis solar panel adalah sebuah teknologi untuk menggerakkan solar panel dengan 2 poros yang telah ditentukan. Cara untuk membuat 2 poros yaitu dengan membuat perancangan mekanik yang dirancang sedemikian rupa dengan dua engsel dan dua buah motor sehingga solar panel dapat selalu menghadap ke arah pergerakan matahari. Tujuan dari pembuatan dual axis solar panel dan boost converter yaitu untuk meningkatkan optimasi dari solar panel itu sendiri. Selama ini efisiensi untuk solar panel masih sangat rendah berkisar 16% saja. Berbagai macam penelitian dan  pengembangan telah dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja dari solar panel. Dimulai dari pengembangan material hingga yang terbaru adalah pengembangan konnstruksi dari solar panel. Untuk penelitian ini digunakan metode dual axis solar panel dan boost converter. Dikarenakan posisi solar panel yang dapat secara continue menghadap posisi matahari. Dan penambahan boost converter sebagai penaik tegangan, maka dapat menghasilkan optimasi hingga 5% lebih dari pada solar panel statis dan output tegangan dapat dinaikkan hingga 24V sehingga dapat membuat pembangkit listrik tenaga surya yang lebih optimal.

Article Details

How to Cite
Alfi Bahar, Misbahul Munir, & Titiek Suheta. (2019). Optimasi Output Photovoltaic Dengan Menggunakan Tracking Dinamis Berdasarkan Waktu Penyinaran Matahari. SinarFe7, 2(1), 409–414. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/132
Section
Articles

References

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), 2006, Blue Print Pengelolaan Energi Nasional, Jakarta: ESDM Jakarta

Lippong Tana, Abhijit Datea, Gabriel Fernandesa, Baljit Singhb, Sayantan Ganguly, "Efficiency Gains of Photovoltaic System Using Latent Heat Thermal Energy Storage," in 2016 1st International Conference on Energy and Power, pp 83-88.

Yuliniar Adnan, Khairul Shaleh, Assaidah, 2016, Measurement of 3 Solar Panel Output Involving Controller and Refelctor. Universitas Ahmad Dahlan.