Evaluasi Dampak Beban Tidak Seimbang Pada Transformator Distribusi

Main Article Content

Nurul Agung Pratama
A.N. Afandi
Yuni Rahmawati

Abstract

Transformator distribusi berguna sebagai pengubah energi listrik dari yang bertegangan menengah menjadi tegangan rendah sebelum disalurkan pada konsumen. PLN memiliki standart yang digunakan, untuk jatuh tegangan tidak boleh melebihi 5% sementara untuk ketidakseimbangan arus tidak boleh melebihi 10%. Penelitian mengenai profil tegangan dan arus perlu dilakukan untuk mengevaluasi serta menjaga kualitas penyaluran tenaga listrik pada sistem distribusi. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan matematis dengan data yang diperoleh secara langsung dari pihak PT. PLN Sumber Pucung. Dari hasil perhitungan dan analisa terdapat transformator yang memiliki kualitas tegangan arus yang tidak memenuhi standar PLN. Untuk perubahan tegangan ≠220 nilai tertinggi ada di transformator nomor 3 dengan nilai tegangan sebesar 239 Volt. Untuk ketidakseimbangan tegangan tertinggi ada pada 2% yaitu pada transformator nomor 2, 4, 5 dan 9, dengan selisih tegangan sebsar 4 Volt antar masing-masing fasa. Ketidakseimbangan arus antar fasa tertinggi terjadi pada transformator nomor 3 memiliki nilai ketidakseimbangan sebesar 150% pada fasa S-T. Untuk nilai ketidakseimbangan arus (R-S-T) tertinggi terdapat pada transformator nomor 3 dapat dikatakan sangat tinggi karena ketidakseimbangannya mencapai 41,9%.

Article Details

How to Cite
Nurul Agung Pratama, A.N. Afandi, & Yuni Rahmawati. (2018). Evaluasi Dampak Beban Tidak Seimbang Pada Transformator Distribusi. SinarFe7, 1(1), 7–13. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/138
Section
Articles

References

Hermandos, Roni., dkk. Jurnal Universitas Maritim Raja AL-Haji. Perhitungan Susut Tegangan Sistim Distribusi 20kV pada Penyulang Panaran PT. PLN Batam. Batam: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sarimun, Wahyudi. 2014. Buku Saku Pelayanan Teknik. Depok: Penerbit Garamont.

Standart Perusahaan Listrik Negara. 2007. Spesifikasi Transformator Distribusi. Nomor : D3.002-1. Jakarta : Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Suswanto, Daman. 2009. Sistem Distribusi Tenaga Listrik Untuk Mahasiswa Elektro. Padang : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang.

Simamora, Yoakim., dkk. 2014. Jurnal Sains Vol.7 No.3. Analisis Ketidakseimbangan Beban Transformator Distribusi Untuk Identifikasi Beban Lebih dan Estimasi Rug-rugi pada Jaringan Tegangan Rendah. Sumatra : Universitas Sumatra Utara.

Sujito. 2009. Jurnal Tekno, Vol 11. Perhitungan Life Time Transformator Jaringan Distribusi 20kV di APJ Malang. Malang : Universitas Negeri Malang.

PT. PLN (Persero). 2010 Final Pedoman O dan M Transformator Tenaga. Jakarta: Perusahaan Listrik Negara.

Zuhal. 2000. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.