SISTEM MONITORING UNTUK PENGGUNAAN DAYA LISTRIK PADA SMARTHOME WITH METHOD FUZZY LOGIC BERBASIS IOT

Main Article Content

Alfonsius Yohandrik Bi Dawe

Abstract

Smart Home adalah sebuah konsep rumah pintar  yang memiliki sistem  pengendali jarak jauh berbasis internet of things, guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemilik untuk mengontrol peralatan elektronik rumah tangga seperti lampu, dispenser dan kipas, bukan hanya mengontrol rumah saja tapi pemilik rumah bisa memonitoring daya, tegangan, arus dan tagihan listrik secara real-time serta   status beban listrik terpakai  dalam keadaan menyala atau tidak. Serta pengguna juga bisa membatasi penggunaan daya menggunakan untuk mencegah beban berlebih yang berdampak pada naiknya tagihan atau biaya penggunan listrik. Serta memonitoring pencahayaan secara otomatis pada teras rumah dan memonitoring suhu ruangan secara otomatis menggunakan metode fuzzy logic. Serta memonitoring lampu kamar mandi dengan mendeteksi ada dan tidak adanya pergerakan. Sistem saklar pada perangkat listrik dapat di gantikan menggunakan mikrokontroler ESP8266 sehingga dapat terhubung ke Android yang telah terinstal aplikasi Openhabian. Sistem kendali ini juga dapat dilakukan di mana saja dan dari mana saja tanpa memiliki batasan wilayah selama pengguna dapat terhubung dengan internet.

Article Details

How to Cite
Alfonsius Yohandrik Bi Dawe. (2021). SISTEM MONITORING UNTUK PENGGUNAAN DAYA LISTRIK PADA SMARTHOME WITH METHOD FUZZY LOGIC BERBASIS IOT. SinarFe7, 4(1), 554–564. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/14
Section
Articles

References

Hidayat Nur0Isnianto, Muhammad Arrofiq, Rijeqi Rahmawati, dan Bagus Mulyo Tyoso0pada tahun 2019 (April) “Sistem Telemonitoring KWH Meter Menggunakan Modul WI-FI ESP8266 Berbasis0Arduino Uno” Jurnal Rekayasa Elektrika Vol. 15, No. 1, hal. 25-33.

Anggher Dea Pangestu, Feby Ardianto, Bengawan Alfaresi pada tahun 2019 (Juni)”Sistem Monitoring Beban Listrik Berbasis Arduino NODEMCU ESP826” Program Studi Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah palembang Jurnal Ampere Vol 4 No 1.

Hartono Budi Santoso, Sapto Prajogo, Sri Paryanto Mursid pada tahun 2018 (September) "Pengembangan Sistem Pemantauan Konsumsi Energi Rumah Tangga Berbasis Internet of Things (IoT) " Vol. 6 No. 3 Halaman 357 – 366.

Asep Muhamad Alipudin, Didik Notosudjono, Dimas Bangun Fiddiansyah pada tahun 2018 dengan judul “Rancang Bangun Alat Monitoring Biaya Listrik Terpakai Berbasis Internet Of Things (IOT)” Vol 1, No 1.

Arief, K., Purwanto, D., & Kusuma, H. (2019). Algoritma Menghadang Bola Dengan Metode Fuzzy Logic Untuk Robot Penjaga Gawang Sepak Bola Beroda. Jurnal Teknik ITS, Volume 7, Nomor 2.