PERHITUNGAN CRITICAL CLEARING TIME UNTUK KESTABILAN TRANSIEN MENGGUNAKAN METODE REDUKSI KRON

Main Article Content

Sunnu Wahyu Setiawan
Irrine Budi Sulistiawati

Abstract

Analisis kestabilan transien berperan penting untuk keamanan dan keandalan pada operasi sistem tenaga listrik. Kestabilan transien erat kaitannya dengan critical clearing time karena pada waktu pemutusan kritis (critical clearing time) dapat dilihat bagaimana sistem kembali pada keadaan stabil atau tidak
stabil setelah mengalami gangguan. Tahapan dalam melakukan analisis kestabilan transien dibutuhkan proses reduksi matrik. Untuk tahapan tersebut agar memudahkan analisis kestabilan transien digunakan metode reduksi kron dalam mereduksi matrik pada sistem yang akan dianalisis. Simulasi dilakukan
pada sistem multi-machine Fouad Anderson 3 generator 9 bus dengan gangguan yang terjadi pada bus 5 dan yang memutuskan gangguan yaitu pada saluran 5-7. Dari hasil simulasi menunjukan metode reduksi kron dapat mereduksi matrik admitansi pada sistem dan menunjukan nilai suseptansi agar memudahkan dalam melakukan perhitungan critical clearing time. Didapatkan nilai critical clearing time pada bus 5 adalah 0.569 sec.

Article Details

How to Cite
Sunnu Wahyu Setiawan, & Irrine Budi Sulistiawati. (2018). PERHITUNGAN CRITICAL CLEARING TIME UNTUK KESTABILAN TRANSIEN MENGGUNAKAN METODE REDUKSI KRON. SinarFe7, 1(1), 30–34. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/142
Section
Articles

References

Kamdar R., Kumar M., Agnihotri G., “ Transient Stability Analysis and Endhancement of IEEE 9 Bus System”, Department of Electrical Engineering, MANIT, Bhopal, India, 2014.

Kundur, Prabha. 1994. Power System Stability and Control. New York : McGrow- Hill.

Sulistiawati, IB., Priyadi, A., Hafidz I., Ashari MI., “Analisa Critical Clearing Time Pada Kestabilan Transien Sistem Tenaga Listrik Akibat Kondisi Gangguan Tidak Seimbang ” Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, Malang, 2017.

Degeneff RC., Moises R., Gutierres., Vakilian M., “Nonlinear, Lumped Parameter Transformer Model Reduction Technique”, IEEE Transactions on Power Delivery, Vol.10. No. 2, April 1995.

Ashraf SM., Rathore B., Chakrabarti S.,”Performance Analysis of Static Network Reduction Methods ” Department of Electrical Engineering, Indian Institute of Technology Kampur, India.

Grainger, J, j. And W.D. Stevenson, Jr. 1994. Power System Analysis. USA: McGraw-Hill Inc.

IEEE, “Guide for Abnormal Frequency Protection for Power Generating Plants”, 1987. IEEE Std C37.106- 1987.

Saadat hadi, “Power Sytem Alaysis”, Milwaekee Schol of enginering,New York san Fransisco, Second edition 511.

Eviningsih R.P., Priyadi A., Soedibjo, “Perhitungan CCT (Critical Clearing Time) Berbasis Trajectory Kritis Menggunakan Persamaan Simultan Pada Sistem Yang Terhubung dengan Smart Grid”, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2015.