RANCANG BANGUN SISTEM PROTEKSI DAN MONITORING ENERGI LISTRIK BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO UJI COBA DIAKSES DI PT. PANCAWANA INDONESIA

Main Article Content

Mohammad Dwi Cahyo
Achmad Ubaidillah
Achmad Fiqhi Ibadillah

Abstract

Sistem proteksi dan monitoring energi listrik digunakan untuk pengaman dan memonitor energi listrik yang dipakai oleh suatu beban. Didalam dunia industri pemantauan energi listrik sangat diperlukan agar dalam pemakaian energi listrik dapat di kontrol. Setiap tahun konsumsi listrik terus meningkat menyebabkan semakin mahal nya tarif dasar listrik (TDL). Di industri terutama industri kayu energi listrik merupakan hal terbesar yang mempengaruhi pengeluaran keuangan industri tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan alat untuk memprotesi motor pada tegangan sumber dan memantau penggunaan energi listrik sehingga memungkinkan penggunaan energi listrik dapat dikontrol dan diperhitungkan berapa banyak daya yang telah digunakan. Alat monitoring ini memanfaat transformator stepdown untuk mengukur tegangan sumber dari PLN, untuk pengukuran arus beban memanfaatkan sensor arus CT (Current Transformation), dan Atmega 16 difungsikan sebagai mengolah semua data dari parameterparameter yang dibutuhkan untuk mendapatkan nilai konsumsi energi listrik, serta menampilkanya pada LCD (Liquid Crystal Display) 16x2. Pada mikrokontroler data yang didapat ditampilkan pada komputer server menggunakan software visual Studio yang di distribusikan melalui data transmisi RS-485.

Article Details

How to Cite
Mohammad Dwi Cahyo, Achmad Ubaidillah, & Achmad Fiqhi Ibadillah. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM PROTEKSI DAN MONITORING ENERGI LISTRIK BERBASIS MIKROKONTROLER MENGGUNAKAN VISUAL STUDIO UJI COBA DIAKSES DI PT. PANCAWANA INDONESIA. SinarFe7, 1(1), 59–64. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/148
Section
Articles

References

Atmel, Data Sheet Atmega16, [pdf[ Tersedia di : http://www.atmel.com/images/doc2466.pdf, diakses 04 Maret 2017.

C, Antonius Rachmat.2010. ALGORITMA PEMROGRAMAN DENGAN BAHASA C:Konsep,Teori, dan Implementasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Reid, F. 2004. Network Programming in.NET: With C# and Visual Studio. Net.Amsterdam : Elsevier/Digital Press.

C, Antonius Rachmat.2016. KONSEP DAN IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN GUI. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Irwan Dinata Dan Wari Sunanda,2015. IMPLEMENTASI WIRELESS MONITORING ENERGI LISTRIK BERBASIS WEB DATA BASE. Jurnal Nasional Teknik Elektro volume 4 NO.1, Maret 2015. SinarFe7 -1 63 Seminar Nasional Fortei7-1 ISSN (Print) : 2621-3540 Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia Regional VII ISSN (Online) : 2621-5551

Temy Nusa, 2015, SISTEM MONITORING KONSUMI ENERGI LISTRIK SEACARA REAL TIME BERBASIS MIKROKONTROLER. E-Jurnal Teknik Elektro dan Komputer Volume.4 No. 5,2015.

Cipta Prabowo dan Zurnawita, 2015, RANCANG BANGUNG ALAT PEMANTAUAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA LABORATORIUM MIKROKONTROLER POLITEKNIK NEGERI PADANG, Jurnal Teknik Elektro ITP, Volume 5 No 2 ; Juli 2016.

Hari Prasetijo ,(2013), ANALISIS PENGARUH UNBALANCE UNDER VOLTAGE DAN UNBALANCE OVER VOLTAGE TERHADAP KINERJA MOTOR INDUKSI TIGA FASA, Jurnal Techno, ISSN 1410 - 8607 Volume 14 No. 2; Oktober 2013.