RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT DETEKSI ARUS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT PADA JARINGAN DISTRIBUSI

Main Article Content

Muhammad Riza Anugrah
Irrine Budi Sulistiawati

Abstract

Jaringan distribusi seringkali mengalami banyak gangguan. Gangguan tersebut bisa diakibatkan oleh faktor alam atau gangguan dari benda seperti pohon, binatang dan benang yang mengakibatkan hubung singkat pada jaringan distribusi. Saat pelayan distribusi berusaha menormalkan sistem kembali, sulitnya mencari letak gangguan menyebabkan waktu yang terbuang cukup lama Pada penelitian ini telah dibuat sebuah alat berupa prototype deteksi arus gangguan hubung singkat yang terjadi pada jaringan distribusi dengan memakai sensor arus dan sensor suhu untuk deteksi arus lebih dan panas lebih. Tujuan dibuatnya alat ini yaitu untuk mempermudah pelayan distribusi dalam menemukan letak gangguan hubung singkat pada jaringan distribusi Dari hasil pengujian sistem alat secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa sistem ini dapat bekerja sesuai dengan perencanaan awal yaitu dapat mendeteksi arus lebih dan suhu yang tidak normal.

Article Details

How to Cite
Muhammad Riza Anugrah, & Irrine Budi Sulistiawati. (2018). RANCANG BANGUN PROTOTYPE ALAT DETEKSI ARUS GANGGUAN HUBUNG SINGKAT PADA JARINGAN DISTRIBUSI. SinarFe7, 1(1), 148–153. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/163
Section
Articles

References

Susanto, Daman. ”Sistim Distribusi TenagaElektrik” .DuniaListrik.com/2010/11/materi-13-analisis-gangguan-pada-jaringan-distribusi1,pdf, 2010.

Bíscaro, A. A. P., R. A. F. Pereira, M.Kezunovic, Fellow, and J. R. S. Mantovani.“Integrated Fault Location and Power-QualityAnalysis in Electric Power Distribution Systems”, IEEE, 2016.

Guntoro, Hanif.. Sistem TenagaElektrik.http://dunialistrik.blogspot.co.id/2008/12/sistem-distribusi-tenaga-listrik.html, Desember2008.

Mardensyah, A. Studi Perencanaan Koordinasi Rele Proteksi Pada Saluran Udara Tegangan Tinggi Gardu Induk Gambir Lama- Pulomas. Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik. Universitas Indonesia, Jakarta, 2008.

Nindiyobudiyo dan Wahyudi, “Proteksi Sistem Distribusi Tenaga Listrik”, Depok, Garamond, 2012.

Sutiadi, Setyo. September, “Jenis Gangguan Pada Saluran Distribusi”. https://ezkhelenergy.co.id/2013/11/jenisgangguan- pada-jaringan-distribusi.html, 2013.