Optimasi Power System Stabilizer (PSS) pada Generator Multi Mesin Untuk Mengurangi Osilasi Menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO)

Main Article Content

Fredian Otniel Windrayadi
Daeng Rahmatullah
Istiyo Winarno

Abstract

Pola perubahan beban yang begitu cepat dalam sebuah sistem interkoneksi menyebabkan osilasi pada tiap mesin yang terhubung pada sistem. Kontroler generator selalu berusaha mengurangi osilasi tersebut agar sistem berada pada kondisi stabil. PSS (Power System Stabilizer) merupakan salah satu kontroler tambahan pada generator untuk mengurangi osilasi yang terjadi. Namun, tuning pada konstanta PSS yang tidak tepat dapat menyebabkan kerja PSS tidak maksimal. Pada penelitian ini, tuning konstanta PSS dijadikan sebagai objective function untuk medapatkan nilai optimal dalam mengurangi osilasi. Dengan Particle Swarm Optimization (PSO) konstanta PSS dapat dioptimalkan untuk mendapatkan redaman yang maksimum. Simulasi diterapkan pada model generator multimesin, sehingga analisis PSS pada sistem dapat memberikan gambaran mengenai kestabilan dinamik pada sistem tersebut.

Article Details

How to Cite
Fredian Otniel Windrayadi, Daeng Rahmatullah, & Istiyo Winarno. (2018). Optimasi Power System Stabilizer (PSS) pada Generator Multi Mesin Untuk Mengurangi Osilasi Menggunakan Particle Swarm Optimization (PSO). SinarFe7, 1(1), 154–163. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/164
Section
Articles

References

Rosalina, “Analisis kestabilan, FT UI,” 2010.

H. S. and A. M. Mahdiyeh Eslami, “Optimal design of Power System Stabilizers Using Particle Swarm Optimization,” IEEE Power Eng. Rev., vol. 22, no. 7, p. 53, 2002.

dan A. P. Suharto, Imam Robandi, “Power system stabilizer,” J. Tek. ITS Vol. 4, No. 1, ISSN 2337-3539, vol. 4, no. 1, pp. 4–9, 1990.

I. M. Muljono, A.B, Ginarsa, “Perbaikan Stabilitas Dinamik Sistem Multimesin Menggunakan Power System Stabilizer Berbasis-Anfis B-16,” vol. 7, no. 2013, pp. 16–21, 2015.

A. Jalilvand and M. D. Keshavarzi, “PSO Algorithm- Based Optimal Tuning of PSS for Damping Improvement of Power Systems,” vol. 2, no. 6, pp. 556–562, 2010.

S. A. Putra, “Perbandingan Model Algoritma Particle Swarm Optimization Dan Algoritma Genetika Pada Penjadwalan Perkuliahan,” 2010.