RANCANG BANGUN BMI (BODY MASS INDEX) SCALE DENGAN METODE RULE BASED SYSTEM

Main Article Content

Diana Rahmawati
Hanifuddin Sukri
Achmad Fiqhi Ibadillah
Ayu Dian Lestari

Abstract

Pada beberapa tempat yang menyediakan timbangan massa tubuh mayoritas masih menggunakan timbangan analog dan untuk mengukur tinggi badan hanya berupa mistar. Selain itu, beberapa tempat lainnya hanya menyediakan alat untuk mengukur berat badan saja tanpa disertai alat untuk mengukur tinggi badan. Pada penelitian ini dirancang suatu alat yang ditujukan untuk mempermudah proses mengukur tinggi dan berat badan, serta mengetahui indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI) dalam keterangan kondisi tubuh secara otomatis yang dilakukan dalam satu kali proses pengambilan data. Proses pengujian dimulai dari menentukan jenis kelamin kemudian sensor ultrasonik akan mengukur tinggi badan dan sensor load cell akan mengukur berat badan. Kemudian hasil dari sensor tersebut akan diolah pada mikrokontroller menggunakan metode Rule Based System untuk menampilkan hasil kondisi tubuh apakah termasuk dalam kategori kurus, normal, kegemukan, atau obesitas sesuai dengan jenis kelamin. Kemudian hasilnya dikeluarkan dalam bentuk tulisan melalui LCD display, dan untuk data hasil pengukuran akan disimpan pada SD Card menggunakan sistem data logger. Hasil uji dari 30 sampel penggunaan alat BMI (Body Mass Index) scale dengan metode Rule Based System ini menghasilkan rata-rata error sebesar 1,22% dan tingkat keberhasilan mencapai 90%.

Article Details

How to Cite
Diana Rahmawati, Hanifuddin Sukri, Achmad Fiqhi Ibadillah, & Ayu Dian Lestari. (2021). RANCANG BANGUN BMI (BODY MASS INDEX) SCALE DENGAN METODE RULE BASED SYSTEM . SinarFe7, 4(1), 633–640. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/17
Section
Articles

References

D. Dewantara and P. Sasmoko, “Alat Penghitung Berat Badan Manusia Dengan Standart Body Mass Index (Bmi) Menggunakan Sensor Load Cell Berbasis Arduino Mega 2560 R3,” Gema Teknol., vol. 18, no. 3, p. 100, 2015, doi: 10.14710/gt.v18i3.21931.

B. Arsada, “Aplikasi Sensor Ultrasonik Untuk Deteksi Posisi Jarak Pada Ruang Menggunakan Arduino Uno,” J. Tek. Elektro, vol. 6, no. 2, pp. 1–8, 2017.

S. W. Sitorus, A. Sudrajat, and K. R. Lestari, “Rancang Bangun Load Cell Kapasitas 20 kN Untuk Beban Kerja Tarik dan Tekan,” Jurnal Ilmiah Giga, vol. 21, no. 1. p. 15, 2019, doi: 10.47313/jig.v21i1.580.

E. Pangkatodi, “Implementasi Rule Base System dan Fuzzy Logic Artifical Intelligence pada Game Kartu Capsa,” Infra, 2016.

J. Durkin, Expert Systems Design and Development. New Jersey: Prentice Hall Internatioal Inc, 1994.

T. Dermawan, Sukarsono, and E. P. Handayani, “Analisa Load Cell Sebagai Sensor Untuk Penimbang Bahan,” Pros. Pertem. dan Present. Ilm. Penelit. Dasar Ilmu Pengetah. dan Teknol. Nukl., pp. 129–132, 2018.

I. G. S. Widharma, “Sensor Ultrasonik dalam Water Level Controller,” no. December, pp. 1–11, 2020.