Studi Analisis Arc Flash Pada Sistem Kelistrikan PT. SC Johnson and Son Indonesia - Jakarta

Main Article Content

Reza Wahyu Firdaus
Machmud Effendy
Diding Suhardi

Abstract

Study analisis arc flash merupakan bagian dari safety serta elemen keselamatan dan kesehatan kerja yang secara umum bertujuan memberikan perlindungan dan pengendalian potensi bahaya ditempat kerja. Analisis arc flash dilakukan pada umumnya dilakukan secara berkala untuk menentukan level minimum personal protective equipment (PPE) atau alat pelindung diri yang harus digunakan para pekerja ketika melakukan pekerjaan pada peralatanperalatan kelistrikan dalam kondisi energized. Sehingga dengan penerapan study ini selain dalam aspek safety, juga berperan dalam peningkatan produktivitas pekerja dan perusahaan secara umum. Untuk itu, dinyatakan bahwa “sebuah penilaian arc flash harus dilakukan untuk dapat menentukan apakah terdapat ada tidaknya bahaya arc flash. Jika terdapat adanya bahaya arc flash, penilaian resiko bahaya yang harus dapat ditentukan : (a) safety keselamatan yang sesuai untuk pelaksanaan pekerjaan (b) arc flash boundary (c) alat pelidung diri atau personal protective equipment (PPE) yang digunakan ada arc flash boundary”. Sehingga tujuan analisis ini untuk dapat menentukan nilai incident energy yang berpotensi ada selama terjadinya peristiwa arc flash serta lamanya durasi dari terjadinya energy arc flash. Selanjutnya, dengan berdasarkan kategori besarnya energy arc flash tersebut dapat diidentifikasi flash protection boundary untuk menentukan Personal Protective Equipment (PPE) atau alat pelindung diri berdasarkan NFPA 70E yang dapat meminimalisir serta menghindarkan para pekerja dan peralatan-peralatan yang ada terhadap dampak terjadinya arc flash.

Article Details

How to Cite
Reza Wahyu Firdaus, Machmud Effendy, & Diding Suhardi. (2018). Studi Analisis Arc Flash Pada Sistem Kelistrikan PT. SC Johnson and Son Indonesia - Jakarta. SinarFe7, 1(1), 183–188. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/170
Section
Articles

References

NFPA, “Standard for Electrical Safety in the Workplace 2015 Edition,” 2015.

“Electrical Safety Hazards Handbook Liitlefuse.”

IEEE1584, IEEE Guide for Performing Arc-Flash Hazard Calculations. 2002.

W. A. Brown, “A COMPARISON OF ARC-FLASH INCIDENT ENERGY REDUCTION TECHNIQUES USING LOW-VOLTAGE POWER CIRCUIT BREAKERS,” pp. 1–9, 2006.

P. K. Kolankar and U. B. Sarode, “Practical Approach for Arc Flash Hazard Assessment,” no. 1, pp. 33–39, 2012.

C. Davis, D. Castor, R. Luo, and S. Shrestha, “Practical Solution Guide to Arc Flash Hazards,” 2003.

WPSAC - Workplace safety awreness council, “Train-the-Trainers Guide to Electrical Safety For General Industry A Review of Common OSHA Regulations and Workplace Violations,” p. 48.