Studi Prakiraan Beban Listrik Menggunakan Metode Artificial Neural Network

Main Article Content

Yuan Octavia D.P
A.N. Afandi
Hari Putranto

Abstract

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan energi listrik terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, diperlukan suatu prakiraan beban listrik jangka pendek agar pihak penyedia listrik dapat menyalurkan energi listrik secara kontinyu kepada konsumen listrik. Dengan adanya prakiraan beban listrik, maka rencana penjadwalan operasi dan alokasi pembangkit cadangan dapat diatur dengan baik oleh sisi supply. Penelitian ini dilakukan prakiraan beban listrik menggunakan metode Artificial Neural Network (ANN) dengan model algoritma backpropagation. Kelebihan metode ini adalah dapat memprakirakan beban listrik sesuai dengan pola-pola beban masa lampau yang telah diajarkan. Data yang digunakan untuk pembelajaran adalah data aktual beban listrik Waktu Beban Puncak (WBP) Siang dan Malam pada Gardu Induk (GI) 150kV Buduran selama tahun 2017. Pada penelitian ini, prosedur yang digunakan, yaitu studi literatur, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data yang terdiri dari perancangan model prakiraan beban listrik menggunakan ANNbackpropagation, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, untuk WBP Siang dan Malam, arsitektur jaringan terbaik adalah 5-20-10-1 untuk WBP Siang dan Malam, dengan pengaturan momentum dan laju pemahaman 0,85 dan 0,1 untuk WBP Siang, serta 0,9 dan 0,15 untuk WBP Malam. Berdasarkan arsitektur jaringan terbaik, proses pengujian WBP Siang menghasilkan Mean Squared Error (MSE) 0,036084 dan Mean Absolute Percentage Error(MAPE) 4,66%, sedangkan untuk WBP Malam menghasilkan MSE 0,15772 dan MAPE 16,83%.

Article Details

How to Cite
Yuan Octavia D.P, A.N. Afandi, & Hari Putranto. (2018). Studi Prakiraan Beban Listrik Menggunakan Metode Artificial Neural Network. SinarFe7, 1(1), 216–221. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/176
Section
Articles

References

Direktorat Jendral Ketenagalistrikan. 2016. Statistik Ketenagalistrikan Tahun Anggaran 2016. Jakarta: Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Undang-undang Republik Indonesia Pasal 29 Nomor 30 Tahun 2009 tentang Sistem Kelistrikan. (online), (http://djk.esdm.go.id/), diakses 29 September 2017.

Marsudi, D. 1990. Operasi Sistem Tenaga Listrik. Jakarta: ISTN.

Mukhyi, M, A. 2008. Forecasting, (Online), (mukhyi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9309/FORECA STING. pdf), diakses 5 Oktober 2017.

Suswanto, D. 2009. Sistem Distribusi Tenaga Listrik, Edisi Pertama, Diktat kuliah: Universitas Negeri Padang.

Fitriani, B. E., Ispriyanti, D., & Prahutama, A. 2015. Peramalan Beban Pemakaian Listrik Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Menggunakan Hybrid Autoregresive Integrated Moving Average – Neural Network. Jurnal Gaussian, Vol: 4 (No. 4). Dari http://ejournals1. undip.ac.id/index.php/gaussian.

Kuldeep, S., & Anitha, G. S. 2018. Short Term Load Forecasting Using Time Series Neural Network. Proceedings of Conferencefora 3rd International Conference. Dari http://researchgate.net/publication/319903506_SHORT_TERM_ LOAD_FORECASTING_METHODS_A_COMPARATIVE_S TUDY.

Sutojo, T., Mulyanto, E., & Suhartono, V. 2014. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

Triwulan, Y., Hariyanto, N., & Anwari, S. 2013. Peramalan Beban Puncak Listrik Jangka Pendek Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Reka Elkomika. Dari http://jurnalonline.itenas.ac.id.

Mataram, I. M. 2008. Peramalan Beban Hari Libur Menggunakan Artificial Neural Network. Jurnal Teknologi Elektro, Vol: 7 (No.2). Dari http://ojs.uud.ac.id.

Siang, J. J. 2005. Jaringan Syaraf Tiruan dan Pemrogramannya Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi.

Vanajakshi, L., & Rilett, I. R. 2004. A Comparison Of The Performance Of Artificial Neural Network And Support Vector Machines For The Prediction Of Traffic Speed. IIEEE Intelligent Vehicles Symposium, pp. 194-199.