Analisis Kestabilan Transien Sistem Kelistrikan Kalimantan dengan Backbone Sistem Transmisi 500 kV HVDC Menggunakan Time Domain Simulation

Main Article Content

Angga Prasetya
Ontoseno Penangsang
Imam Robandi

Abstract

Analisis kestabilan transien adalah sebuah studi yang diperlukan saat melakukan perencanaan pembangunan atau pengembangan sistem kelistrikan. Kestabilan transien adalah kemampuan suatu sistem untuk mempertahankan sinkronisasinya saat terkena gangguan transien, yang salah satunya adalah gangguan hubung singkat. Sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia, maka dilakukan pengembangan sistem kelistrikan untuk meningkatkan penyediaan tenaga listrik. Pulau Kalimantan memiliki sistem kelistrikan yang belum terinterkoneksi, sehingga dilakukan perencanaan pembangunan sistem transmisi 500 kV HVAC untuk melakukan interkoneksi sistem kelistrikan, serta memanfaatkan teknologi sistem transmisi 500 kV HVDC. Pada penelitian ini dilakukan analisis kestabilan transien pada sistem kelistrikan Kalimantan dengan backbone sistem transmisi 500 kV HVAC dan 500 kV HVDC menggunakan time domain simulation dengan kasus 3- phase short circuit pada sistem transmisi HV C dan single phase to ground fault pada sistem transmisi HVDC. Hasil dari simulasi yang dilakukan, frekuensi terbesar yang didapatkan yaitu 102.87% dan frekuensi terendah yaitu 95%, keduanya masih dalam batas toleransi. Hasil menunjukkan bahwa sistem kelistrikan Kalimantan dengan backbone 500 kV yang telah dimodelkan mampu mempertahankan kondisi sinkronnya ketika terjadi gangguan pada kasus yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Angga Prasetya, Ontoseno Penangsang, & Imam Robandi. (2018). Analisis Kestabilan Transien Sistem Kelistrikan Kalimantan dengan Backbone Sistem Transmisi 500 kV HVDC Menggunakan Time Domain Simulation. SinarFe7, 1(1), 249–255. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/182
Section
Articles

References

PT. PLN Persero, “Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik 2017-2026,” 2017.

J. J. Grainger and W. D. Stevenson, Power System Analysis: McGraw-Hill Education. 1994.

G. Andersson, Power System Analysis: Power Flow Analysis, Fault Analysis and Power System Dynamics and Stability. 2012.

M. Pavella, D. Ernst, and D. Ruiz-Vega, Transient Stability of Power Systems, A Unified Approach to Assessment and Control. 1934.

P. Kundur, J. Paserba, V. Ajjarapu, G. Andersson, A. Bose, and C. Canizares, “Definition and classification of power system stability IEEE/CIGRE joint task force on stability terms and definitions.”

P. Kundur, Power System Stability and Control: McGraw-Hill Education. 1994.

IEEE Power Engineering Society, “IEEE Guide for Abnormal Frequency Protection for Power Generating Plants.”

J. C. Das, Power System Analysis: Short-Circuit Load Flow and Harmonics. .