ANALISA EFISIENSI PENGGUNAAN MPPT PADA SOLAR CELL

Main Article Content

Dennis Kaware
Hanny H. Tumbelaka
Murtiyanto Santoso

Abstract

Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh MPPT terhadap tingkat efisiensi dari sistem PLTS. Tugas akhir ini dilakukan di Universitas Kristen Petra Gedung P lantai 7. Sistem PLTS menggunakan 2 buah modul solar cell tipe RSM 45 yang memiliki masing-masing daya puncak sebesar 45 Watt. Salah satu modul solar cell tersambung dengan charge controller dengan MPPT sedangkan modul solar cell lainnya tersambung dengan charge controller tanpa MPPT. Data tugas akhir ini diambil selama 2 hari pada tanggal 3 Mei 2018 dan 4 Juni 2018. Data yang diambil adalah arus dan tegangan yang dihasilkan oleh masing-masing modul solar cell. Data-data tersebut kemudian diolah supaya diketahui berapa besar daya dan energi yang dihasilkan masing-masing modul. Kemudian dari data daya dan energi yang diperoleh dari masingmasing modul dibandingkan, dan dapat disimpulkan bahwa charge controller dengan MPPT menghasilkan daya 8,61 % lebih besar dibandingkan dengan charge controller tanpa MPPT, dan menghasilkan e ergi 13% lebih besar dibandingkan dengan charge controller tanpa MPPT.

Article Details

How to Cite
Dennis Kaware, Hanny H. Tumbelaka, & Murtiyanto Santoso. (2018). ANALISA EFISIENSI PENGGUNAAN MPPT PADA SOLAR CELL. SinarFe7, 1(1), 276–280. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/189
Section
Articles

References

IlmuGeografi, 10 September 2015. [Online]. Available: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/iklim/iklim-diindonesia.

Suhono, "INVENTARISASI PERMASALAHAN PADAINSTALASI SOLAR HOUSE SYSTEM DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA," 2009.

M. Seyedmahmoudian, B. Horan, T. K. Soon, R. Rahmani, A. M. Than Oo, S. Mekhilef and A. Stojcevski, ""State of the art artificial intelligence-based MPPT techniques for mitigating partial shading effects on PV systems – A review".," p. 435, 2016.

J. R. G. a. E. R. F. Marcelo Gradella Villava, Comprehensive Approach, 2009.

S. Surawdhaniwar and M. R. Diwan, ""Study of Maximum Power Point Tracking Using Perturb and Observe Method".," p. 106, 2012.

I. Gordon, "Solar Energy Materials & Solar Cells," 2018.