Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Sistem Photovoltaic Mandiri 90 Watt di Universitas Kristen Petra

Main Article Content

Gelfantri Mangalik
Hanny H. Tumbelaka
Murtiyanto Santoso

Abstract

Pada Kurikulum Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra terdapat mata kuliah Konversi Energi Terbarui yang mempelajari tentang Sistem Photovoltaic yang membutuhkan modul pembelajaran untuk menunjang proses belajar mengajar. Modul pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan 2 modul PV masing-masing 45 W dengan tipe RSM45, charger controller, aki, inverter dan Raspberry Pi 3 untuk merekam data V, I, P DC maupun AC dan faktor daya pada sisi AC. Parameter listrik yang diukur dikonversi ke nilai digital dengan menggunakan rangkaian ADC untuk diproses pada Raspberry Pi 3 yang cukup untuk merekam data selama 630 jam. Output hasil pengukuran dapat dieskpor ke program aplikasi semacam Microsoft Excel sehingga dapat dubuatkan grafik. Modul pembelajaran telah diuji coba selama 3 hari selama 9 jam setiap harinya dan menghasilkan output data pengukuran sesuai yang direncanakan. Error rata-rata setiap sensor dibawah sepuluh 10% dan error modul pembelajran secara keseluruhan adalah 4%.

Article Details

How to Cite
Gelfantri Mangalik, Hanny H. Tumbelaka, & Murtiyanto Santoso. (2018). Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Sistem Photovoltaic Mandiri 90 Watt di Universitas Kristen Petra. SinarFe7, 1(1), 297–302. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/193
Section
Articles

References

Osi, R. S., Pengaturan Sudut Reflektor Ganda Pada Solar Cell. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2010.

Admarialce, N., Studi tentang Pengaruh Panjang Gelombang Cahaya terhadap Kinerja Solar Cell. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2011.

Wibowo, H., Studi Penggunaan Solar Reflector untuk Optimalisasi Output Daya pada Phovoltaic Module. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2009.

Karvinen, K., & Karvinen, T., & Valtokari, V., "Arduino," in Make: Sensors,1st ed. Canada: Maker Media, Inc.,2015.pp.25-26