PERANCANGAN SMART GREEN HOUSE DENGAN OPTIMALISASI PH DAN SUHU AIR PADA TANAMAN SELADA, MEDIA TANAM HIDROPONIK BERBASIS ARDUINO UNO

Main Article Content

Yosef Weisrawei
Dwi Arman Prasetya
Aries Boedi Setiawan

Abstract

Dalam hal budidaya selada menggunakan media hidroponik ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kadar pH, suhu air dan kebutuhan cahaya yang cukup. Secara manual pengecekanpun dilakukan parah petani hingga menyitah banyak waktu, oleh sebab itu sistem otomatisasi dibutuhkan dalam hal ini untuk mengatasi pengecekan yang dilakukan secara rutinitas. Sistem ini merupakan suatu alternatif sistem kendali modern untuk mengoptimalisasi pengontrolan kadar pH, suhu air tanaman selada berbasis arduino, dan penambahan lampu LED 40 watt, pengukuran kadar ph menggunakan sensor pH SEN0161, untuk pengukuran suhu air menggunakan sensor Ds18b20. Pengontrolan pH dan suhu air dilakukan secara otomatis, menggunakan peltier sebagai pendingin dan selenoid valve sebagai penetesan cairan pH hingga mencapai nilai yang dibutuhkan yaitu kadar pH 6.0-7.0, suhu air <27°C dan penamahan lampu LED 40 watt sebagai penambah asupan cahaya pada tanaman, kestabilan suhu air dan kadar ph yang selalu terjaga oleh alat ini dapat menghemat wak u para petani dalam rutinitas pengecekan kadaar ph dan suhu air, alat ini juga menghasilkan pertumbuhan sayur selada yang lebih baik dibandingkan dengan metode biasa.

Article Details

How to Cite
Yosef Weisrawei, Dwi Arman Prasetya, & Aries Boedi Setiawan. (2018). PERANCANGAN SMART GREEN HOUSE DENGAN OPTIMALISASI PH DAN SUHU AIR PADA TANAMAN SELADA, MEDIA TANAM HIDROPONIK BERBASIS ARDUINO UNO. SinarFe7, 1(1), 312–317. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/195
Section
Articles

References

Mayasari, et al., “Pengaruh Keberadaan Kelompok Tani Terhadap Pendapatan Usaha Tani Tembakau” )Studi Kasus di Desa Tlogosari Kecamatan Sumbermalang). 2015.

Hendra,et al.,Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm, Jakarta, Agromedia. 2014.

Mansyur, A.N., S. Triyono, dan A. Tusi. “Pengaruh Naungan Terhadap Pertumbuhan Sawi (Brasissca Junacea) Pada Sistem Hidroponik DFT (Deep Flow Technique)”. Jurnal Teknik Pertanian Lampung,Vol.3, No. 2: 103- 110. 2014.

Lukitasari, M. “Pengaruh Intensitas cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kedelai” Glicine max. PKM-AI IKIP PGRI. Madiun. E. H. M, 2012.

Karseno, Doni. “Sistem Pengamanan Rumah Dengan Security Password Menggunakan Remote Berbasis Mikrokontroller Arduino”. Jurnal Informatika. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Yogyakarta, Vol.4, No.4, 2015. : 245-254. 2015.

Asrofi, dkk. “Rancang Bangun alat Kontrol Otomatis Pendingin Komputer Berbasis Mikrokontroller ATMega8L”. Indonesian Journal on Networking and Security (IJNS) Volume 2 No 2. ISSN 2302-5700. 2013.

Caesar Pats Yahwe. Rancang Bangun Prototype Sistem Monitoring Kelembaban Tanah Melalui SMS Berdasarkan Hasil Penyiraman Tanaman “Studi Kasus Tanaman Cabai dan Tomat”. Jurnal SemanTIK 2(1). 97-110. 2016.

Karseno, et al. “Sistem Pengamanan Rumah Dengan Security Password Menggunakan Remote Berbasis Mikrokontroller Arduino”. Jurnal Informatika. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Yogyakarta.Vol.4, No.4 : 245-254. 2015.