Penerapan Metode Fuzzy Logic Sebagai Pengatur Kecepatan Pada Motor BLDC

Main Article Content

Iradiratu D.P.K
Tria Wisnu Saputra

Abstract

Motor Brushless DC (BLDC) adalah motor sinkron dengan magnet permanen pada rotor dan kumparan jangkar pada stator. Keuntungan paling jelas dari konfigurasi tanpa sikat adalah penghilangan sikat, yang menghilangkan pemeliharaan sikat dan bunga api. Sistem motor BLDC mengacu pada konsep rangkaian elektromekanik, sistem penggerak yang tanggap dan hemat energi. Sistem tersebut dibangun melalui perpaduan elektromekanik, rangkaian elektronika, sistem sensor dan rangkaian logika. Pada bagian elektromekanik menonjolkan konsep keunggulan motor DC konvensional dalam hal pengendalian dan keunggulan motor sinkron 3 fasa dalam hal efisiensi. Selain keunggulan motor terdapat juga masalah pada motor. Masalah yang ada pada motor adalah dimana pada saat kenaikan beban maka dapat terjadi overshoot dan error steady state. Untuk mengatasi overshoot dan error maka diperlukan pengontrol pada Motor BLDC. Pengontrol yang digunakan ada pada Speed Controller, dimana speed controller berfungsi sebagai pengatur kecepatan pada motor BLDC Pada speed controller terdapat fuzzy logic yang berfungsi untuk memproses data yang telah di masukkan. Dengan menggunakan kontrol kecepatan maka diharapkan dapat memperkecil terjadinya overshoot pada saat putaran motor mencapai maksimum dan undershoot ketika terjadi penurunan kecepatan saat ada penambahan beban, waktu putar motor mencapai steady state lebih cepat dibandingkan dengan referensi jurnal sebagai patokan, nilai steady state sesuai dengan kecepatan referensi yang telah diberikan sehingga tidak terjadi error steady state. Pada system yang telah di jalankan motor dapat mencapai hasil yang baik dimana overshoot dan undershoot memiliki nilai yang kecil, waktu rise time baik dan error steady state sangat kecil.

Article Details

How to Cite
Iradiratu D.P.K, & Tria Wisnu Saputra. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Logic Sebagai Pengatur Kecepatan Pada Motor BLDC. SinarFe7, 1(1), 318–326. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/196
Section
Articles

References

B. Akin, M. Bhardwaj. 2011. Trapezoidal Control of BLDC Motors Using Hall Effect Sensors. Texas Instrumen.

H. A. Toliyat dan T. Gopalarathnam. 2002. The Power Electronics Handbook, CRC Press LLC.

L. K. Baxter, 1996. Capacitive Sensors: Design and Applications, John Wiley & Sons.

Baldursson, Stefán. BLDC Motor Modelling and Control-A Matlab®/Simulink® Implementation, Master Thesis Institutionen för Energi och Miljö Chalmers Tekniska Hogskola. 2005.

J. S. R. Jang, C. T. Sun dan E. Mizutani. 1997. Neuro-Fuzzy and Soft Computing: A Computational Approach to Learning and Machine Intelligence, Upper Saddle River: Prentice Hall.

R. Dhimas, K. Agustika, and P. H. Sasongko, “dengan Menggunakan PID – Algoritma Genetika,” vol. XIX, no. November, pp. 2–5, 2015.

Hosein Zadeh, H, Kalam, H, “A Rule-Based Fuzzy Power System Stabilizer Turned by Neural Network. IEEE Transactions on Energy Convertion, vol. 14, No. 3, September 1999.

Kusumadewi, Sri dan Purnomo, Hari. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.