Implementasi Navigasi Robot Tank Menggunakan Arsitektur Behavior-Based Berbasis Logika Fuzzy

Main Article Content

Dwi Arini Mufarrichah
Joni Setiawan
Moh. Bayu Setya
Ahmad Labib

Abstract

Mobile robot merupakan sebuah robot yang dapat bergerak secara otomatis untuk melakukan pekerjaan tertentu, misalnya bergerak menuju sasaran tertentu. Fungsi dari mobile robot adalah membantu manusia melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak, dan masih banyak lagi. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah mobile robot yang dilengkapi kecerdasan buatan menggunakan arsitektur behavior-based berbasis logika Fuzzy untuk memudahkan robot melakukan eksplorasi environtment tanpa awak. Fuzzy Logic Controller dengan arsitektur behavior- based merupakan suatu sistem kecerdasan buatan yang dirancang untuk menavigasi mobile robot dalam lingkungan atau environtment baru yang belum dikenali. Sistem ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu obstacle avoidance behavior, goal seeking behavior, dan move backward behavior. Behavior Controller diimplementasikan pada mobile robot ini untuk dapat mengendalikan sudut kemudi dan kecepatan linier dari pergerakan robot dalam up ya untuk mengeksplorasi tanpa awak pada environtment sekitar dan mengurangi resiko terjadinya tabrakan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa arsitektur ini dapat membawa mobile robot menuju target, ataupun mengeksplorasi environtment dengan aman tanpa terjadi tabrakan walaupun lingkungan tersebut belum dikenali sebelumnya. Untuk pengujian respon sistem yang dilakukan terhadap variasi setting point, beban, dan rule, diperoleh data yang menunjukkan bahwa respon sistem cukup cepat. Sistem kontrol menggunakan Fuzzy Logic memperoleh nilai yang redundant, yang berarti Fuzzy Logic Controller masih dapat bekerja dengan adanya pengurangan beberapa rule, maupun jika terjadi kesalahankesalahan kecil dalam pemrogramannya, tanpa adanya perubahan yang signifikan.

Article Details

How to Cite
Dwi Arini Mufarrichah, Joni Setiawan, Moh. Bayu Setya, & Ahmad Labib. (2018). Implementasi Navigasi Robot Tank Menggunakan Arsitektur Behavior-Based Berbasis Logika Fuzzy. SinarFe7, 1(1), 327–331. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/197
Section
Articles

References

As'ari, Heru Dibyo Laksono, dkk, “Perancangan Robot Wall Follower dengan Metodr Proportional Integral Derivative (PID) Berbasis Mikrokontroler,” pada Jurnal Teknik Elektro Universitas Andalas, 2013.

Iwan Setiawan, “Perancangan Robot Mobil Penjejak Dinding Koridor Menggunakan Kendali Logika Fuzzy,” pada Jurnal Teknik Elektro Universitas Indonesia, 2009.

Faikul Umam, "Pengembangan Sistem Kendali Pergerakan Autonomous Mobile Robot untuk Mendapatkan Jalur bebas Hambatan Menggunakan Fuzzy Logic Controller," pada Jurnal Teknik Elektro Universitas Trunojoyo, 2013.

R.C. Arkin, “Behavior Based Robotics”, The MIT Press, 1998.

A. Adriansyah, “Pengendalian robot bergerak berbasis perilaku menggunakan particle swarm fuzzy controller”, pada Seminar Nasional Informatika 2008 (Semnas 2008) UPN "Veteran" Yogyakarta, 2008, hal. 130-138.

T. Sutojo, E. Mulyanto, & V. Suhartono, “Kecerdasan Buatan”, Yogyakarta: Andi, 2011.

B. Quing-Yong, L. Shun-ming, S. Wei-Yan, & An Mu-Jin, “A Fuzzy Behavior-Based Architecture for Mobile Robot Navigation in Unknown Envirotments”, in IEEE International Conference on Artificial Intelligence and Computational Intelligence, pp. 257-261, 2009.