Perancangan ANFIS sebagai pengontrol Fluks dan Torsi pada SVPWM-DTC Motor induksi 3 Fasa

Main Article Content

Iradiratu D.P.K
Restu Aji Mukti

Abstract

Motor induksi 3 fasa adalah motor penggerak yang paling banyak digunakan dalam bidang industri. Hal ini dikarenakan motor induksi mempunyai konstruksi yang sederhana, kokoh, harganya relatif murah, serta perawatannya yang mudah, sehingga motor induksi mulai menggeser penggunaan motor DC pada industri. Dalam aplikasinya motor induksi pengaturan kecepatanya sulit dilakukan, tetapi setelah adanya DTC (Direct Torque Control) masalah tersebut dapat diatasi. Dengan menggunakan metode speed control DTCSVPWM mampu mengendalikan fluks dan torsi secara terpisah. Dalam penelitian ini akan diteliti penggunaan kontroller Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) sebagai pengendali kecepatan motor induksi tiga fasa yang dapat menghasilkan hasil respon kecepatan motor dengan memberikan kriteria performasi sistem kontrol tinggi. Hasil simulasi sistem terlihat bahwa penggunaan kontroller ANFIS mampu memberikan kriteria performasi sistem kontrol yang tinggi dengan menekan overshoot, dan steady state error mendekati nol ser a rise time dan settling time relatif cepat dibandingkan kontroller secara konvensional. sistem dengan ANFIS mencapai target lebih cepat 0,1 detik dibanding sistem konvensional (PI), sistem dengan ANFIS mencapai target pada detik (0,46) dan terdapat overshoot sebesar 509 rpm atau sebesar 1,8% pada detik (0,49), sedangkan sistem konvensional (PI) mencapai target pada detik (0,56) dan terdapat overshoot sebesar 520 rpm atau sebesar 4% pada detik (0,62).

Article Details

How to Cite
Iradiratu D.P.K, & Restu Aji Mukti. (2018). Perancangan ANFIS sebagai pengontrol Fluks dan Torsi pada SVPWM-DTC Motor induksi 3 Fasa. SinarFe7, 1(1), 347–352. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/200
Section
Articles

References

Nugroho, Emanuel. “Kajian Sistem Kendali Space Vector Pulse Width Modulation Sebagai Pengendali Motor Induksi 3 Fasa”

Fikri Azharul. 2010. “Perancangan Dan Simulasi Direct Torque Control Pada Motor Induksi Menggunakan Space Vector Pulse Width Modulation Three Phase Two Level Inverter”, Jurnal Teknik POMITS.

Jang JSR. 1997. ANFIS: Adaptive-network-based Fuzzy Inference System. IEEE Transactions on Systems, Mans and Cybernetics. www.jurnalteknologi.com. Diakses 22 Desember 2014.

Kurniawan Panji. 2010. “Perancangan Dan Simulasi Metode Direct Torque Control (DTC) Untuk Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa”, Jurnal Teknik POMITS.

Prastiwi Widyanika. 2012. “Perancangan Dan Implementasi Direct Torque Control 2 Level Inverter Pada Motor Induksi”, Jurnal Teknik POMITS.

Era Purwanto, Application of Adaptive Neuro Fuzzy Inference System on the Development of the Observer for Speed Sensorless Induction Motor, IEEE Catalogue No. 01CH37239-7803-7101-1, 2000