Sistem Otomatisasi Pelayanan Munisi Canon Pada Tank AMX-13 Menggunakan Proportional Integral Derivatif (PID)

Main Article Content

Anindha Lazuardi
Dwi Arman Prasetya
Gatut Yulisusianto

Abstract

Kendaraan tempur yang dimiliki satuan Kavaleri TNI AD terdiri dari berbagai macam jenis tank. Salah satu jenis dari tank tersebut yaitu tank AMX-13 yang masih manual dalam mengisi dan mendorong munisi untuk masuk ke dalam kamar tembakan. Perkembangan teknologi alutsista pada saat ini yang semakin maju dan berkembang maka diperlukannya suatu sistem kontrol yang dapat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. Tank AMX-13 dioperasikan 3 prajurit didalamnya, yakni sebagai pengemudi, komandan kendaraan dan penembak canon. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah dimana pada akan melaksanakan penembakan, pengisian munisi dan ketika mendorong munisi masuk pada kanon masih menggunakan tenaga manual sehingga waktu yang diperlukan relatif lama dan dapat membahayakan prajurit dalam pengoperasiannya. Sehingga pembuatan alat ini diharapkan mampu mengatasi masalah atau problem yang ada dan terjadi di lapangan. Dengan menggunakan pendorong munisi otomatis menggunakan sistem kontrol sehingga dapat meminimalisir waktu yang diperlukan dan mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan pembuatan alat ini dapat meminimalisir waktu pengisian canon dibanding menggunakan cara konvensional.

Article Details

How to Cite
Anindha Lazuardi, Dwi Arman Prasetya, & Gatut Yulisusianto. (2018). Sistem Otomatisasi Pelayanan Munisi Canon Pada Tank AMX-13 Menggunakan Proportional Integral Derivatif (PID). SinarFe7, 1(1), 359–364. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/202
Section
Articles

References

E. D. Arisandi and P. Lapan, “Kemudahan Pemrograman Mikrokontroller Arduino Pada Aplikasi Wahana Terbang,” Setrum, vol. 3, no. 2, pp. 46–49, 2014.

R. Antoni, Perancangan Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Dc Menggunakan Zig Bee Pro Berbasis Arduino Uno Atmega 328P. 2015.

A. Pirmansyah, “Pengaturan kecepatan motor DC 6.PDF,” 2017.

E. Susilawati and Z. Kamus, “Pembuatan alat ukur kecepatan putar gear menggunakan sensor proximity induktif dan mikrokontroler arduino uno,” vol. 10, pp. 9–13, 2017.

I. Qosim and M. Mujirudin, Analisis Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Kontrol PID ( Proportional Integral Derivative ), vol. 2, no. 2502. 2017.

D. Wisnu, W. Arif, and H. Nurhadi, “Perancangan Sistem Kontrol PID untuk Pengendali Sumbu Azimuth Turret Pada Turret-gun Kaliber 20mm,” J. Tek. Its, vol. 5, no. 2, pp. 512–516, 2016.

G. E. Setyawan, E. Setiawan, W. Kurniawan, F. Ilmu, K. Universitas, and B. Malang, “Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan ketinggian UAV dengan PID,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 125–131, 2015.