PROTOTYPE RUMAH OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 328P DENGAN KONSEP IoT SEBAGAI KENDALI JARAK JAUH

Main Article Content

Mochammad Hariono
M. Jasa Afroni
Oktriza Melfazen

Abstract

Prototype Rumah Otomatis dengan konsep Internet of Things sebagai kendali jarak jauh merupakan pengembangan dari smart home yang dipadukan dengan konsep Internet of Things sebagai media penyimpan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan fungsi dari Internet of Things sebagai media untuk pengendalian beban listrik. Metode pengembangan yang ada pada prototype ini menggabungkan beberapa teknologi, yakni: (1) Arduino UNO (2) ESP8266 (3) Relay (4) Thingspeak, dan (5) Aplikasi Android. Thingspeak merupakan salah satu layanan berbasis cloud computing yang digunakan untuk menyimpan data secara online. ESP8266 mampu melakukan komunikasi dengan Thingspeak baik untuk proses membaca data maupun menulis data secara langsung melalui jalur komunikasi internet. Relay merupakan media saklar otomatis yang diprogram khusus menggunakan logika 1 dan 0 untuk mengaktifkan dan mematikan beban listrik pada prototype rumah otomatis. Aplikasi android digunakan untuk mengendalikan prototype dengan cara mengirim logikae Thingspeak melalui jalur komunikasi intenet. Dari hasil perancangan telah diuji dengan hasil yang baik pada 4 beban yang terpasang. Prototype Rumah Otomatis bisa dikendalikan melalui aplikasi Kendali Rumah Otomatis.

Article Details

How to Cite
Mochammad Hariono, M. Jasa Afroni, & Oktriza Melfazen. (2018). PROTOTYPE RUMAH OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 328P DENGAN KONSEP IoT SEBAGAI KENDALI JARAK JAUH. SinarFe7, 1(1), 369–375. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/204
Section
Articles

References

Saputri, Z. N. (2014). "Aplikasi Pengenalan Suara Sebagai Pengendali Peralatan Listrik Berbasis Arduino UNO." Skripsi Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya: 1-6.

Budiono, T. (2016). "Sistem Monitoring Suhu Jarak Jauh Berbasis Internet Of Things Menggunakan Protokol Mqtt." Seminar Riset Teknologi Informasi (SRITI): 353- 358.

Mahali, M. I. (2016). "Smart Door Locks Based On Internet Of Things Concept With Mobile Backend As aService." Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO) 1: 171-181.

Sadewo, A. D. B., et al. (2017). "Perancangan Pengendali Rumah Menggunakan Smartphone Android Dengan Konektivitas Bluetooth." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 1: 415-425.

Mehta, M. (2015). “A Breakthrough In Wireless Sensor Networks And Internet Of Things”. International Journal of Electronics and Communication Engineering & Technology (IJECET) 6: 07-11.

Onno, W, P. (2015). “Membuat Sendiri Internet of Things untuk Pemula, Khususnya di Indonesia”[Online]. Available: https://infokomputer.grid.id/2015/10/fitur/membuatsendiri- internet-of-things-untuk-pemula-khususnya-diindonesia/. [Accessed: 28-Februari-2018].

“Datasheet Arduino UNO” [Online]. Available: http://arduino.cc/en/Main/arduinoBoardUNO. [Accessed: 28-Februari-2018].