Purwarupa Monitoring Pengukuran Faktor Daya pada Jaringan Tegangan Rendah

Main Article Content

Josaphat Pramudijanto
Abdul Rahman Wachid

Abstract

Banyaknya beban induktif yang ada pada saluran tegangan rendah, dapat menyebabkan penurunan faktor daya pada saluran tersebut. Faktor daya dapat mempengaruhi keandalan trafo distribusi dan jaringan tegangan rendah. Pada penelitian ini dibuat purwarupa berbasis mikrokontroler untuk memonitor jaringan tegangan rendah agar dapat mengetahui faktor daya jaringan tegangan rendah tersebut. Pengukuran faktor daya ini dibuat dengan cara menggunakan 3 Voltmeter. Arus dan tegangan 3 Voltmeter diukur kemudian ditampilkan ke LCD dan dikirim melalui media wifi untuk dilakukan monitoring secara jarak jauh. Perangkat ini juga dilengkapi media penyimpanan untuk cadangan hasil pengukuran. Hasil dari purwarupa ini mampu mengukur tegangan pada 3 Voltmeter dengan nilai kesalahan kurang dari 0,5% dan pengukuran arus mempunyai kesalahan kurang dari 0,5%. Hasil monitoring faktor daya juga diuji dengan menggunakan beberapa beban induktif dengan faktor daya antara 0,3 sampai 1.

Article Details

How to Cite
Josaphat Pramudijanto, & Abdul Rahman Wachid. (2018). Purwarupa Monitoring Pengukuran Faktor Daya pada Jaringan Tegangan Rendah. SinarFe7, 1(1), 401–407. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/209
Section
Articles

References

Dhea Nabilia Prasetyandi dan Ifan Adyatma, “Power Factor Regulator Menggunakan Arduino”, Tugas Akhir, Program D3 Teknik Elektro FTI-ITS, Surabaya, 2015.

Adhitya Wisnu Wardhana dan Faisal Akhbar, “Perancangan Sistem Monitoring Voltage Flicker Berbasis Arduino Dengan Metode Fast Fourier Transform (FFT)”,Tugas Akhir, Program D3 Teknik Elektro FTI-ITS, Surabaya, 2016.

Mauricce and V. d. Brink, Pengukuran Listrik, Fakultas Teknik Elektro ITS, Surabaya, 1974.

Abdul, Kadir, “Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino”, Andi Offset, Jogjakarta , 2013.

Kurniyanto, F.W. dan Madina, N.F., “Purwarupa KWH Meter Digital yang dilengkapi Data Logger sebagai Alat Bantu melakukan Audit Energi”, Tugas Akhir, Program D3 Teknik Elektro FTI-ITS, Surabaya, 2015.