PERANCANGAN VoIP MENGGUNAKAN OPENVPN PADA OS OPENWRT SEBAGAI PENGAMAN JARINGAN ANTAR CLIENT

Main Article Content

Cokro Aminoto
H Muhammad Taqijuddin A
Oktriza Melfazen

Abstract

VoIP ( Voice over Internet Protocol ) merupakan teknologi yang mampu mengirimkan data suara dan video melalui jaringan internet protocol ( IP ). Berbeda dengan teknologi (Global Sistem Mobile) GSM , VoIP tidak menggunakan teknik circuit switching tetapi menggunakan teknik packet switching. OpenVPN adalah aplikasi open source Virtual Private Networking atau disingkat (OVPN) , dimana aplikasi tersebut bekerja membuat sambungan PTP Tunnel (poin to poin tunnel) yang telah terenkripsi. OpenVPN menggunakan private keys, certificate, lebih jelasnya nama atau password atau file profile berekstensi ovpn untuk melakukan authentikasi dalam membangun sebuah koneksi.Asterisk adalah software implementasi dari telepon private branch exchange (PBX) yang memungkinkan telepon yang tersambung untuk melakukan panggilan ke satu sama lain.Untuk itu komunikasi yang baik akan sangat berpengaruh positif pada semua individu baik untuk komunikasi jarak jauh maupun dekat. Pada penelitian ini telah dirancang jaringan komunikasi berbasis P yang memanfaatkan jaringan WLAN tanpa memerlukan infrastruktur yang besar karena dalam rancangan tersebut hanya menggunakan satu buah Router berbasis OpenWRT dan OpenVPN. Pada alat ini selain pengguna dapat melakukan / menerima panggilan menggunakan Handphone (Android) pengguna juga dapat melakukan / menerima panggilan dari Laptop / PC (Windows). Alat ini dikenal dengan nama VoIP (Voice Over Internet Protocol) menggunakan aplikasi Asterisk yang diinstall pada OS OpenWRT dan juga OVPN sebagai pengaman jaringan antar client. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa pada masing–masing komponen, seperti jangkauan Wi-Fi router, kekuatan transfer, dan daya tahan perangkat keras dapat bekerja dengan maksimal, juga maksimal pengguna yang dapat terhubung pada router untuk dapat saling berkomunikasi dapat menampung pengguna sebanyak 10 unit perangkat dengan koneksi wireless (Wi-Fi) tanpa mengalami kendala apapun.

Article Details

How to Cite
Cokro Aminoto, H Muhammad Taqijuddin A, & Oktriza Melfazen. (2018). PERANCANGAN VoIP MENGGUNAKAN OPENVPN PADA OS OPENWRT SEBAGAI PENGAMAN JARINGAN ANTAR CLIENT. SinarFe7, 1(1), 418–425. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/213
Section
Articles

References

Harun mukhtar, Syahril, dan K. Reski.Penerapan Komunikasi VoIP menggunakan Asterisk Session Initiation Protocol pada Universitas Muhammadiyah Riau. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muhammadyah Riau.

Prasetyo Rizki Aris, 2010. Analisis dan Perancangan site-to-site Virtual Private Network (VPN) Berbasis IP Secuirty Menggunakan Mikrotik Router Operating System.

S. Budi Eko. 2 Oktober 2012.Analisa Quality of Service (QoS) Voice Over Internet Protocol (VoIP) dengan protokol H.323 dan Session Initiation Protocol (SIP).Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika Vol.1 Nomor 2.

Risnandar Mohammad (2016). Dengan judul “Implementasi Voip Over Internet Protokol (VOIP) Berbasis Session Initiation Protocol (SIP) Berbantuan Briker Versi 1.4 Untuk Pengukuran Quality Of Service Pada Jaringan

Huda Ahmad Wiladul 27 Oktober 2017. Rancang Bangun VoIP Menggunakan Aplikasi Asterisk Memanfaatkan OS OPENWRT.