Sistem Monitoring pH Untuk Tanaman Strawberry Dengan Sistem Aeroponik

Main Article Content

Moh. Sugeng Irawan
Aries Boedi Setiawan
Rahman Arifuddin

Abstract

Tanaman strawberry merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik pada dataran tinggi. Untuk budidaya tanaman strawberry membutuhkan lahan yang luas, sedangkan didaerah perkotaan lahan semakin sempit. Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan budidaya system aeroponik. sistem aeroponik memanfaatkan unsur air atau larutan yang disemprotkan dalam bentuk kabut dan akan mengenai akar tanaman. System monitoring pH pada tanaman strawberry dilakukan untuk mengamati perubahan pH air yang disemprotkan ke akar tanaman sesuai dengan kebutuhan pH dari tanaman strawberry. System monitoring menggunakan android dengan user interface yang mudah digunakan dan informasi pH tanaman strawberry dapat mudah di monitoring. Pada pH memiliki error 0,33%, sedangkan untuk pengujian lainnya memiliki error 0,16%.Untuk pengiriman data dengan modul HC05 pengujian dengan jarak 10 meter dan 20 meter perangkat dapat terhubung dengan baik dan penerimaan data juga baik. Untuk jarak 25 meter dan 30 meter terjadi delay dalam proses penerimaan data, untuk jarak pengujian 35 meter dan 40 meter penerimaan data tidak komplit dan data yang ditampilak juga tidak beraturan. Kemudian untuk pengujian dengan jarak 55 meter terjadi error dan jarak 57 meter tidak dapat terkoneksi.

Article Details

How to Cite
Moh. Sugeng Irawan, Aries Boedi Setiawan, & Rahman Arifuddin. (2020). Sistem Monitoring pH Untuk Tanaman Strawberry Dengan Sistem Aeroponik. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/242
Section
Articles

References

J. L. Reyes, R. Montoya, C. Ledesma, and R. Ramírez, “Development of an aeroponic system for vegetable production,” in II International Symposium on Soilless Culture and Hydroponics 947, 2011, pp. 153–156.

Y. Sutiyoso, “Aeroponik Sayuran (Budidaya dengan Sistem Pengabutan),” Penebar Swadaya, Jakarta, 2003.

A. W. Wicaksono, E. R. Widasari, and F. Utaminingrum, “Implementasi Sistem Kontrol dan Monitoring pH pada Tanaman Kentang Aeroponik secara Wireless,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, p. 964X, 2017.

D. Syuhada, “Rancang Bangun Sistem Aeroponik Secara Otomatis Pada Greenhouse Untuk Budidaya Tanaman Strawberry.” Universitas Komputer Indonesia, 2017.

Y. Afriansyah, R. Arifuddin, and Y. Novrianto, “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Detak Jantung, Suhu Tubuh, dan Tensimeter Berbasis Arduino Uno serta SmartpHone Android,” SinarFe7, vol. 1, no. 2, pp. 597–603, 2018.

P. D. P. Adi and R. Arifuddin, “Design Of Tsunami Detector Based Sort Message Service Using Arduino and SIM900A to GSM/GPRS Module,” JEEMECS (Journal Electr. Eng. Mechatron. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2018.