Rancang Bangun Alat Penjurian Pencak Silat Berbasis Arduino Dengan Komunikasi Smartphone Android

Main Article Content

Miftahul Ulumuddin
Affan Bachri
Zainal Abidin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat yang dapat membantu kinerja juri dalam melakukan penilaian pada pertandingan pencak silat dengan menggunakan aplikasi smartphone android dalam mencatat nilai dan mengirimkannya pada display skor yang dapat ditampilkan secara luas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pemrogramannya menggunakan software arduino ide dan MIT app inventor. Prototipe sistem menggunakan arduino uno, module bluetooth hc-06, dan LCD display. Berdasarkan hasil perancangan alat penjurian pencak silat ini dapat didesain dengan baik sesuai dengan Perancangan Dan Realisasi alat penjurian pencak silat berbasis arduino dengan komunikasi smartphone android. Pengiriman data antara aplikasi android dan scoring display dengan menggunakan modul bluetooth HC-06 dengan tampilan angka-angka pada LCD tergantung pada input dari applikasi android yang telah dikoneksikan.

Article Details

How to Cite
Miftahul Ulumuddin, Affan Bachri, & Zainal Abidin. (2020). Rancang Bangun Alat Penjurian Pencak Silat Berbasis Arduino Dengan Komunikasi Smartphone Android. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/243
Section
Articles

References

Haidar Hari Nirwana. 2019. “Analisis Noise Sinyal Bluetooth Pada Sistem Pintu Otomatis Berbasis Smart Home”. Madura:Universitas Madura

Kasdami. 2015, “Rancang Bangun Pencatat Score Berbasis Mikrokontroler Dengan Pengiriman Data Menggunakan Wireless”. Palembang: STMIK AMIK MDP Palembang

Kurnia.A.P.2016, “Applikasi Android Dan Mikrokontroller Arduino Padakontrol Smart Home Dengan Komunikasi Bluetooth”. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Mantasia, 2019. “Kendali Perangkat Elektronik Dengan Menggunakan Identifikasi Suara Berbasis Smartphone” Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sarifudin. 2017, “Penggunaan Komunikasi Bluetooth Pada Smartphone Android Untuk Pengiriman Data Pada Jam Digital Berbasis Arduino”. Banjarmasin:Politeknik Negeri Banjarmasin.

Yurindra. 2019, “Pembuatan aplikasi scoring board untuk membantu wasit juri dalam kejuaraan pencak silat”. Pangkalpinang: STMIK Atmaluhur Pangkalpinang.