MONITORING ARUS PADA KABEL GROUND KABEL POWER TRAFO INCOMING 20 KV

Main Article Content

Fajar Santoso Wicaksono
Saidah

Abstract

Gardu induk transmisi yang meliputi tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi merupakan komponen utama dari system transmisi tenaga listrik. PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai pemasok listrik utama di Indonesia masih menggunakan cara konvensional dalam melaksanakan monitoring arus pada kabel ground kabel power trafo incoming 20 kV dan dilaksanakan secara periodik. System monitoring arus ini terintegrasi pada computer operator gardu induk. Nilai arus yang terbaca dikonversi melalui sensor arus SCT 013, informasi waktu dan tanggal secara real time ditampilkan melalui computer operator. Implementasi monitoring arus kabel ground kabel power trafo incoming trafo 20 kV dilakukan di Gardu Induk 150 kV Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Monitoring arus ini terdapat informasi nilai arus bebas fasa R, fasa S, dan fasa T. system data logger dapat dgunakan untuk monitoring perubahan nilai arus beban. System notifikasi akan muncul jika nilai arus yang terbaca melebihi batasan yang telah ditetapkan.

Article Details

How to Cite
Fajar Santoso Wicaksono, & Saidah. (2019). MONITORING ARUS PADA KABEL GROUND KABEL POWER TRAFO INCOMING 20 KV. SinarFe7, 2(1), 1–5. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/249
Section
Articles

References

FirmansyahR.A., SuheraT., Antoni D. 2015. “Perancangan Alat Monitoring dan Penyimpan Data pada Panel Hubung Bagi Tegangan Rendah Berbasis Mikrikontroler”. Surabaya: Institut Teknologo Ahi Tama Surabaya.

Angga Kusuma.2018.”pendeteksian dini terhadap arus bocor kabel tanah tegangan menengah pada trafo 150/20 kV”. Jakarta:ISTN.

“HC-11 Wireless Serial Port Module”

I wayan Rexci Indra Parmana., Cok Gede Indra Partha., Ngakan Putu Satriya Utama. 2018.”Rancang Bangun Sistem Monitoring Arus Beban pada Gardu Distribusi Menggunakan Short Message Service”. Denpasar:Universitas Udayana Denpasar.