PERANCANGAN ANALISA SIMULASI 36 GENERATOR MENGGUNAKAN Software ETAP 16.0.0

Main Article Content

Sularto Marpaung
Agus Kiswantono

Abstract

Generator adalah suatu alat yang dapat mengubah tenaga mekanik menjadi energi listrik. Tenaga mekanik bisa berasal dari panas, air, uap, dll. Energi listrik yang dihasilkan oleh generator bisa berupa Listrik AC (listrik bolak-balik) maupun DC (listrik searah). Hal tersebut tegantung dari konstruksi generator yang dipakai oleh pembangkit tenaga listrik. Generator berhubungan erat dengan hukum faraday. Berikut hasil dari hukum faraday “ bahwa apabila sepotong kawat penghantar listrik berada dalam medan magnet berubahubah, maka dalam kawat tersebut akan terbentuk Gaya Gerak Listrik ” Disebut mesin sinkron, karena bekerja pada kecepatan dan frekuensi konstan di bawah kondisi ”Steady state”. Mesin sinkron bisa dioperasikan baik sebagai generator maupun motor. Mesin sinkron bila difungsikan sebagai motor berputar dalam kecepatan konstan. Apabila dikehendaki kecepatan yang bersifat variable.

Article Details

How to Cite
Sularto Marpaung, & Agus Kiswantono. (2021). PERANCANGAN ANALISA SIMULASI 36 GENERATOR MENGGUNAKAN Software ETAP 16.0.0. SinarFe7, 4(1), 578–580. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/25
Section
Articles

References

Karyanto, E (2000). Panduan Reparasi Mesin Diesel. Penerbit Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta. Motoren-Werke Mannhem AG. (1999). Diesel Generator Sets with Four-Stroke Diesel Engines. Lieferwerk munchen suddeutsche bremsen-AG. Germany PT PLN JASDIKLAT. (1997). Generator. PT PLN Persero. Jakarta PT PLN JASDIKLAT. (1997). Pengoperasian Mesin Diesel. PT PLN Persero. Jakarta. Sumanto. (1996). Mesin Sinkron. Andi Yogyakarta.