Rancang Bangun Solar Tracker Portable Berbasis Arduino Uno

Main Article Content

Indra Kurniawan
Holy Lydia Wiharto

Abstract

Pada tulisan ini dibahas tentang Prototype pembangkit listrik tenaga surya portable. Dirancang menggunakan solar panel polycristalline 50 WP dengan sistem solar tracker. Yang dimana sistem solar tracker menggunakan arduino uno , 4 buah sensor LDR, dan 2 Buah motor servo dengan daya 5,4 Watt. Arduino uno digunakan untuk kontrol dan pengolah datanya, sensor LDR digunakan untuk signal posisi intensitas cahaya terbesar saat itu, dan motor servo difungsikan untuk menggerakkan panel surya secara horizontal dan vertikal. Gerak horisontal dan vertikal untuk mencari itensitas cahaya matahari tertinggi saat itu sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang maksimal. Rentang sudut gerak vertikal solar tracker sebesar 140˚ dengan posisi awal solar panel membentuk sudut 20˚ terhadap sumbu x negatif dan saat posisi akhir solar panel membentuk sudut 20˚ terhadap sumbu x positif, dan rentang sudut gerak horisontal solar tracker sebesar 180˚. Solar tracker dengan solar panel 50 WP yang dirancang menghasiklan arus keluaran sekitar 9% lebih besar dari arus yang dihasilkan oleh solar panel yang dipasang dengan sudut tetap 20˚ terhadap sumbu x negatif tanpa menggunakan sistem solar tracker.

Article Details

How to Cite
Indra Kurniawan, & Holy Lydia Wiharto. (2019). Rancang Bangun Solar Tracker Portable Berbasis Arduino Uno. SinarFe7, 2(1), 17–21. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/252
Section
Articles

References

[ 1 ] Haris Habibullah Sajwani, “ Comparative Analysis of Mechatronic Designsof a Sun-Tracking System For Improved Solar Pane Output and Feasibility”, Graduate Of Hamdard University, Desember 2016.

[ 2 ] Roni Syafrialdi, Wildian. “Rancang Bangun Solar Tracker Berbasis Mikrokontroler ATmega8535 Dengan Sensor LDR Dan Penampil LCD,” Jurusan Fisika Universitas Andalas, April 2015.

[ 3 ] S. Tamini, W. Indrasari, B. H. Iswanto. “Optimasi Sudut Kemiringan Panel Surya Pada Prototipe Sistem Penjejak Matahari Aktif,” Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negri Jakarta, 2016.

[ 4 ] Wiharto, Holy Lydia “Rancang Bangun Smart Parking Building Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan Memanfaatkan Renewable Energy,” Juni 2018.