Rancang Bangun Alat Pembaca Kwh Meter Berbasis Arduino Uno Dan Kirim Data Via Internet Of Things

Main Article Content

M. Ruinaldi Pratama
Affan Bachri
Ulul Ilmi

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang yang sangat pesat, Salah satu sistem berbasis otomatis yang sering diintegrasi dengan beberapa komponen pendukung, agar sistem dapat berfungsi. kWh berfungsi untuk mengetahui pemakaian energi listrik secara analog yang bisa ditampilkan dalam bentuk angka pada sebuah meteran. Saat ini peneliti merancang suatu kWh yang dapat menampilkan nilai rupiah yang harus dibayar sebagai tagihan pemakaian energi listrik. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk menciptakan rancang bangun alat pembaca kWh fase tunggal 2 kawat kelas 1 230V 5(40).A 50 Hz sampling rate 4.8 kHz yang menggunakan biaya beban acuan sebesar 415 rupiah per 1 kWh dalam alat tersebut memiliki tarif golongan R-1/TR pascabayar dengan daya kapasitas 450 Watt . Tahapan yang dilakukan meliputi tahapan studi pustaka kemudian perancangan, pembuatan hardware dan software mengintegrasikan sistem dan pengujian dan analisa sistem. Mempertimbangkan teori-teori tersebut, dapat mengetahui pemograman mikrokontroller ATMega328, Sensor Tegangan, Sensor Arus, LCD, dan Modul WiFi. Pada penelitian kali ini menggunakan beberapa pengujian, diantaranya pengujian yaitu pengujian Mikrokontroler untuk memprosens instruksi pemrograman. LCD berfungsi untuk menampilkan data, Sensor Tegangan untuk membaca tegangan AC. Sensor Arus untuk membaca arus beban. Modul WiFi untuk mengirim data melalui jaringan WiFi. Dari semua pengujian diatas sensor Tegangan dan sensor Arus mendeteksi tegangan dan beban kemudian diproses lalu nilai data akan ditampilakn pada LCD dan dikirimkan melalui aplikasi blynk pada smartphone.

Article Details

How to Cite
M. Ruinaldi Pratama, Affan Bachri, & Ulul Ilmi. (2020). Rancang Bangun Alat Pembaca Kwh Meter Berbasis Arduino Uno Dan Kirim Data Via Internet Of Things. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/257
Section
Articles

References

Fatsyahrina Fitriastuti.2011. Aplikasi KwH (Kilo What Hour) Meter Berbasis Microntroller Atmega 32 Untuk Memonitor Beban Listrik. Jurnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2 Universitas Janabadra Yogyakarta

Muhammad Ilham Ludya Wahyu.2018. Rancang Bangun kWh Meter Digital Sebagai Penghitung Biaya Pemakaian Energi Listrik Berbasis Arduino Uno R3.Teknik Elektro. Universitas Tanjungpura.

Mery Subito, Rizal.2012. Alat Pengukur Pemakaian Eenergi Listrik Menggunakan Sensor Optocoupler Dan Mikrokontroler AT89S52. Jurnal Ilmiah Foristek.Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tadulako Sulawesi Tengah

Rizal Akbar.2018. Rancang Bangun Alat Monitoring Tegangan, Arus, Daya, kWh, Serta Estimasi Biaya Pemakaian Peralatan Listrik Pada Rumah Tangga. Jurusan Teknik Elektro.Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Thomas,Pono Budi Mardjoko,Joni Aripin.2006. Perancangan dan Implementasi Alat Pembaca kWh Meter Secara Otomatis Menggunakan Short Message Service Pada Jaringan Selular. Jurnal TESLA Vol. 8 No. 1, 4. Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara.

Windi, Stephan.2018. Analisa Rancang Bangun Alat Monitoring Daya Listrik pada Ruangan Di Gedung Elektro Menggunakan Arduino Mega 2560 Berbasis SMS. Jurnal Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis.

WebReferensi.http://kevingiay.blogspot.com/2019/03/kalibrasi-sensor-tegangan-zmpt101b.html. Diakses Pada Tanggal (12 Maret 2020)

Web Referensi. warriornux.com/pengertian-modul-wifi- esp8266/ Diakses Pada Tanggal (12 Maret 2020)

WebReferensi.http://blog.unnes.ac.id/antosupri/pengertian-daya-semu-daya-nyata-dan-daya- reaktif/.Diakses Pada Tanggal (23 Mei 2020)