Sistem Informasi Manajemen Gedung Serbaguna Di Universitas Hang Tuah Surabaya Berbasis Website

Main Article Content

Agus Sumardiono
Suryadhi., ST., MT

Abstract

Permintaan untuk menggunakan Gedung Serbaguna di Universitas Hang Tuah Surabaya sangat padat. Akibatnya jumlah acara yang direncanakan tak sebanding dengan kemampuan gedung dalam menggelar acara acara tersebut. Sistim penjadwalan penggunaan gedung masih dilakukan dengan cara manual sehingga membutuhkan waktu dan pengguna harus datang dan mengecek sendiri jadwal yang sudah ada apabila mau menggunakan Gedung Serbaguna ini. Sistim Informasi Manajemen Gedung Serbaguna di Universitas Hang Tuah ini berfungsi untuk membantu setiap orang yang akan menggunakan gedung ini untuk memperoleh informasi tentang jadwal pemakaian yang ada lengkap dengan fasilitas didalamnya hanya dengan membuka website nya melalui internet dimanapun. Sedangkan bagi pengelola gedung sistim ini membantu dalam penjadwalan pemakaian dan pelaksanaan acara di gedung ini menjadi lebih efisien dan mudah. Hal ini dikarenakan sistim ini dilengkapi dengan pengatur dan pengendali listrik otomatis yang bekerja berdasarkan Database yang ada. Sehingga pengguna lebih tertib dengan waktu pelaksanaan yang ada. Pembuatan aplikasinya menggunakan Bahasa pemprograman PHP pada bagian Websitenya dengan MySQL sebagai databasenya. Untuk pengendali listriknya menggunakan Raspbery Pi yang dikendalikan oleh bahasa pemprograman Phyton untuk mengatur switching relay pada panel listrik Gedung. Sistim informasi manajemen Gedung serbaguna di Universitas Hang Tuah berbasis website dapat mengatur penggunaan gedung secara efisien baik dari segi waktu penjadwalan maupun biaya pemakaian listrik.

Article Details

How to Cite
Agus Sumardiono, & Suryadhi., ST., MT. (2020). Sistem Informasi Manajemen Gedung Serbaguna Di Universitas Hang Tuah Surabaya Berbasis Website. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/258
Section
Articles

References

A. Ahmad P, "Sistem Informasi Reservasi Gedung Serbaguna dikota Palembang Berbasis Android," Jurnal Intelektualita, Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 7, no. 1, pp. 1-2, 2018.

D. Maria S, M. Barja S, and S. Komala S, "Aplikasi Reservasi Gedung Serbaguna Perusahaan Umum Bulog (GSG PERUM BULOG) berbasis Web," e- Proceeding of Applied Science, vol. 2, no. 2, pp. 611, 2016.

D. Prihatmoko, “Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh,” Jurnal INFOTEL, vol. 9, no. 1, pp. 1–2, 2017.

Andrianto, A. Susanto., “Aplikasi Pengontrol Jarak Jauh Pada Lampu Rumah Berbasis Android,” Prosiding SNATIF ke 2, 2015.