RANCANG BANGUN NURSE CALL (PEMANGGIL PERAWAT) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Main Article Content

M Denny Ervianto
Zainal Abidin
Affan Bachri

Abstract

Rumah sakit merupakan tempat yang menyediakan dan memberikan pelayanan kesehatan. Setiap kamar dari rumah sakit dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memantau perkembangan kesehatan pasien. Dalam suatu rumah sakit, pasien yang menginap memerlukan bantuan dari para tenaga kesehatan baik perawat maupun dokter. Pada saat pasien membutuhkan bantuan, seringkali orang yang sedang menjaga pasien tersebut meminta bantuan perawat secara manual dengan memanggil perawat yang sedang berada di ruang jaga perawat. Sistem nurse call berbasis internet of things ini berfungsi sebagai alat komunikasi antara kamar pasien dengan ruang jaga perawat melalui jaringan wireless dan akan ditampilkan pada tampilan web server yang terhubung dengan NodeMCU ESP8266 v3 sebagai otak dari alat ini. Perancangan prototype sistem nurse call menggunakan beberapa komponen utama yaitu push button, NodeMCU ESP8266 v3, led, sensor IR (infrared), database firebase, router dan web server. Push button dan sensor IR (infrared) sebagai inputan yang dihubungkan ke NodeMCU ESP8266 v3 kemudian diproses, router berfungsi sebagai pemancar jaringan wireless, firebase berfungsi untuk mengolah database antara NodeMCU ESP8266 v3 dengan web server, kemudian web server berfungsi sebagai alat untuk monitoring kamar pasien jika pasien membutuhkan bantuan. Dengan adanya prototype nurse call ini, kita dapat memonitoring pasien dengan menggunakan tampilan pada web server pada ruangan perawat sehingga perawat dengan mudah dan cepat dalam mengetahui kamar mana yang membutuhkan bantuan dari perawat.

Article Details

How to Cite
M Denny Ervianto, Zainal Abidin, & Affan Bachri. (2020). RANCANG BANGUN NURSE CALL (PEMANGGIL PERAWAT) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/260
Section
Articles

References

Aplikasi Xampp webserver. Diakses pada 21 april 2020. Dari https://www.apachefriends.org/download.html

Database NodeMCU ESP8266 v3. Diakses pada 12 april 2020. Dari https://www.instructables.com

Erfan, M. Fahmi dan Widiantoro, Anang. (2019). Smart Nurse Call berbasis mikrokontroller Ardino untuk komunikasi antar kamar pasien dengan perawat menggunakan android. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Firebase + Arduino + Multi Input/Output. Diakses pada 20 april 2020. Dari https://a-arduino.com.

Introduction – blynk – firebase. Diambil pada 20 april 2020. Dari https://eueung.github.io.

Membaca Data Firebase dan Menampilkannya Dalam Bentuk Tabel Menggunakan Javascript. Diakses pada 21 april 2020. Dari https://yopiardinal.wordpress.com.

Ningtiyas, putri ayu, dkk. (2015). Perancangan dan realisasi informasi bantuan yang dibutuhkan pasien rumah sakit berbasis mikrokontroler dan jaringan lan. Universitas Telkom.

Purwiyanto, dkk. (2019). Nurse call otomatis dengan sensor beat per minutes (bpm) berbasis internet of things (iot). Cilacap: Politeknik Negeri Cilacap.

Septian, Pradita Ghanda, dkk. (2019). Rancang bangun smart nurse call (pemanggil perawat) berbasis android. Malang: Politeknik Negeri Malang.

Wahyuni, Risma. (2019). Penerapan Internet of Things dalam Sistem Nurse Call pada Rumah Sakit berbasis raspberry pi. Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik.

Website penyedia layanan Database Firebase realtime. Diakses pada 25 Mei 2020. Dari https://firebase.google.com