RANCANG BANGUN ROBOT KENDALI LINGKUNGAN BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Syaiful Hartono Wahid
Arief Budi Laksono
Ulul Ilmi

Abstract

Tumpukan sampah di setiap sudut kompleks perumahan yang selalu menjadi masalah setiap harinya, pada umumnya pengambilan sampah yang di lakukan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia dinilai kurang efektif karena sering terlambat dan tidak sesuai jadwal sehingga mengakibatkan sampah yang menumpuk dan sangat mengganggu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancang bangun robot pengendali lingkungan yang bertujuan untuk mengambil sampah yang mampu dikendalikan dengan mengguanakan perangkat android dan mampu berjalan secara otomatis dengan mengikuti sebuah garis hitam diatas permukaan putih. Rancang bangun robot kendali lingkungan dibuat dengan menggunakan mikrokontroler arduino nano dan module Bluetooth Hc-05 sebagai media interface dengan perangkat android, robot ini didukung dengan motor DC sebagai penggerak dan gripper servo sebagai lengan pengambil sampah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan meliputi perancangan elektrik dan sistematis, Tahapan yang di lakukan meliputi tahapan studi pustaka kemudian perancangan, pembuatan hardware dan software mengintegrasikan sitem dan pengujian serta analisa sistem, Mempertimbangkan teori-teori tersebut, dapat mengetahui pemrograman mikrokontroller, sensor Photodioda, gripper servo, driver motor dc dan module Bluetooth hc-05. Selanjutnya adalah tahap uji coba yang dilakukan pada beberapa smartphone android. Hasil uji coba yang dilakukan yaitu rancang bangun robot kendali lingkungan bergerak sesuai dengan perintah baik melalui aplikasi android maupun dengan sistem pengikut garis yakni robot dapat bergerak mengambil sampah yang berada di dalam tempat sampah sesuai dengan perintah yang di inputkan. Namun uji coba yang dilakukan pada aplikasi pengendali terdapat perbedaan pada tiap smartphone yaitu terletak pada tampilan dari aplikasi tersebut.

Article Details

How to Cite
Syaiful Hartono Wahid, Arief Budi Laksono, & Ulul Ilmi. (2020). RANCANG BANGUN ROBOT KENDALI LINGKUNGAN BERBASIS ANDROID. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/261
Section
Articles

References

Atik Novianti, S.S.T, M.T dan Unang Sunarya, S.T., M.T. 2015. Perancangan robot pendeteksi lingkungan berbahaya berbasis logika fuzzy dan control android. Telkom University, Bandung.

Destiarini, Pius Widya Kumara 2019. Robot Line Follower Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno ATMega328. Universitas Baturaja.

Ekayana, Anak Agung Gde dan Gusti Ngurah Kade Ary P 2017. Rancang bangun prototype system kendali lengan robot menggunakan interface wireless 2.4 Ghz. Universitas Pendidikan Ganesha dan TMIK STIKOM Indonesia.

Fakhraha, Adlin 2016. Pembuatan prototype robot kapal pemungut sampah menggunakan mikrokontroller arduino uni dengan aplikasi pengendali android. Universitas Gunadarma.

Hari Santoso., 2015, Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula, Ebook www.elangsakti.com, Trenggalek, Indonesia

Iwan Setiawan, S.T., M.T. 2009, buku ajar sensor dan transduser.

Jayadin Ahmad, 2007, ELDAS.

Muhammad Ramdani, Sahrudin, Aziz Octavianto, Mujirudin, dan Harry Ramza 2018. Miniatur Ropeba (robot pemindah barang). Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Suhiharto, arid an sri windiyanti 2017. Rancang bangun robot pengintai dengan kendali android. Universitas Teknologi Yogyakarta

Suzantry, Yanolanda H 2018. Kendali robot Bluetooth dengan smartphone android berbasis Arduino uno. Universitas Dehasen Bengkulu.

, Bluetooth HC-05 To Serial Module, https://splashtronic.wordpress.com/2012/05/13/hc-05- bluetooth-to-serial-module/