PROTOTYPE KOTAK MENJAGA KEKERINGAN DAN KELEMBABAN SEPATU BERBASIS MIKROKONTROLLER

Main Article Content

Faizal Qurnia Afandi
Affan Bachri
Ulul Ilmi

Abstract

Sepatu merupakan salah satu pakaian yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari, namun bukan factor musim saja yang mempengaruhi permasalahan pengeringan sepatu saat basah, bisa juga dikarenakan situasi dan kondisi seperti di malam hari yang tidak aka mungkin dan tidak akan bisa menemukan cahaya atau sinar matahari yang sangat terik. Dari permasalah tersebut, penulis merancang sebuah alat pengering sepatu sekaligus pembasmi bakteri penyebab bau di sepatu. Hasil pengujian prototype kotak pengering dan pembasmi bakteri penyebab bau di sepatu otomatis berbasis mikrokontroller adalah ketika power supply diberi tegangan maka alat tersebut akan bekerja. Cara kerja prototype kotak pengering dan pembasmi bakteri penyebab bau di sepatu otomatis berbasis mikrokontroller ini yaitu : kipas 1 akan menyala sesuai kelembaban di atas 90%, kipas 2 akan menyala sesuai suhu di atas 34ºC, elemen pemanas menyala sesuai kelembaban di atas 90%, lampu UV-C akan menyala sesuai kelembaban di bawah 89%. Hasil dari suhu dan kelembabn akan di tampilkan di LCD 16x2.

Article Details

How to Cite
Faizal Qurnia Afandi, Affan Bachri, & Ulul Ilmi. (2020). PROTOTYPE KOTAK MENJAGA KEKERINGAN DAN KELEMBABAN SEPATU BERBASIS MIKROKONTROLLER. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/262
Section
Articles

References

Alamgumelar Bagus Rizkianto, 2019, Rancang Bangun Pengering Sepatu Berdasarkan Kelembaban Menggunakan Metode Pid (Proportional Intergral Derivative), Fakultas Teknologi Dan Informatika, Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Jawa Timur.

Dr. Ir. Saladin Muis, M.Kom,2013,Prinsip Kerja LCD liquid Crystal dan Pembuatan,Graha- Ilmu,inc.,Yogyakarta.

Newtron Tumanggor, 2016, Mesin Pengering Sepatu. Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma.

Sapta Ajie, 2011, Mengukur Suhu Dan Kelembaban Udara Dengan Sensor Dht11 Dan Arduino, Saptaji.com.

Siswo and Wardono,2014,Pengantar Mikrokontroler dan Aplikasi Arduino,Tekno Sains,Inc.,Yogyakarta.

Siti Lomrah, 2017, Pengaruh Cahaya Ultraviolet C (UV- C) Dan Kelembaban Udara (RH) Terhadap Jumlah Bakteri Escherichia Coli Pada Kulit Sepatu, Fakultas Sains Dan Teknologi, Univesitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

William Indra Kusuma, 2016, Mesin Pengering Sepatu Dengan Udara Buang Yang Dimanfaatkan Untuk Mengeringkan Sepatu, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma.