Sistem Otomasi pada Rice Cooker Berbasis Internet of Things

Main Article Content

Fajry Adi Rahman
Josua Ronaldo Simanjuntak
Elvino Simanjuntak
Porman Pangaribuan
Willy Anugrah Cahyadi
Pandu Pira Haskara

Abstract

Kesibukan saat bekerja dan beraktivitas seringkali membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan lain, seperti halnya menanak nasi. Pekerjaan yang sebenarnya mudah, tetapi karena keterbatasan waktu seringkali membuat seseorang tidak sempat untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan untuk menanak nasi pada rice cooker elektrik harus dilakukan secara manual, sehingga untuk menanak nasi pengguna harus meluangkan waktu khusus disela-sela pekerjaan ataupun beraktivitas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan rancangan suatu sistem baru pada rice cooker. Sistem yang menggabungkan antara rice cooker, bagasi beras dan galon air dalam satu alat. Selain itu, pada sistem baru yang dirancang semua persiapan untuk menanak nasi yang sebelumnya harus dilakukan secara manual, kini dapat dilakukan secara otomatis yang seluruhnya dikontrol menggunakan smartphone melalui aplikasi. Adapun hasil dari proyek ini adalah persentase akurasi rata-rata dari sensor load cell dalam menghitung massa beras yang masuk ke dalam rice cooker yaitu 97,22% dengan persentase error rata-rata adalah 1,41%. Akurasi rata-rata dari flow meter dalam menghitung volume air yang masuk ke dalam rice cooker adalah 95,5% dengan error rata-rata sebesar 1,83%. Waktu rata-rata yang dibutukan untuk pengiriman data dari aplikasi menuju sistem otomasi yaitu 253 ms.

Article Details

How to Cite
Fajry Adi Rahman, Josua Ronaldo Simanjuntak, Elvino Simanjuntak, Porman Pangaribuan, Willy Anugrah Cahyadi, & Pandu Pira Haskara. (2020). Sistem Otomasi pada Rice Cooker Berbasis Internet of Things. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/268
Section
Articles

References

M. A. Sutiono, “Rancang Bangun Smart Rice Cooker Menggunakan Protokol Komunikasi Wi-Fi Dan Protokol Pertukaran Pesan MQTT,” Fak. Tek. DAN Inform. Univ. Multimed. Nusant., p. 9, 2016.

M. H. A. Pratama, R. Satriatama, P. Pangaribuan, and D. Darlis, “Design and Implementation of Dispenser Water Volume,” Int. J. Res. Appl. Sci. Eng. Technol., vol. 8, no. I, pp. 171–174, 2020.

Jacobus, Liefson, dan Dewi Krisna Gulo, "Rancang Bangun Teslameter Dengan Metode Induksi," JTI UKRIM, vol. 6, pp. 42-47, 2014.

R. Debriand, M. Doloksaribu, and I. Damanik, “Rancang Bangun Timbangan Load Cell Tipe S Design of Weight Sensor Load Cell Type S,” vol. 40, no. 2010, 2018.

A. Cipta, “Aplikasi Sensor Load Cell pada Purwarupa Sistem Sortir Barang,” IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 35–44, 2014.

A. K. Gupta, A. Raman, N. Kumar, and R. Ranjan, “Design and implementationthe of high-speed universal asynchronous receiver and transmitter (UART),” 2020 7th Int. Conf. Signal Process. Integr. Networks, SPIN 2020, vol. 1, pp. 295–300, 2020.

K. D. Kramer, T. Stolze, and T. Banse, “Benchmarks to find the optimal microcontroller-architecture,” 2009 WRI World Congr. Comput. Sci. Inf. Eng. CSIE 2009, vol. 2, pp. 102–105, 2009.

Sophia Antipolis Cedex, “Telecommunications and Internet ProtocolHarmonization Over Networks (TIPHON);General aspects of Quality of Service (QoS),” European Telecommunications Standards Institute, FRANCE, 1999