Potensi Pembangkit Tenaga Listrik Hybrid Renewable Energy di Pulau Sempu

Main Article Content

Faiz Syaikhoni Aziz
Ahmad Muzakki Setiawan
Agung Setyobudi

Abstract

Pada Jurnal ini menyajikan potensi Pembangkit Tenaga Listrik Hybrid Renewable Energy di Pulau Sempu. Parameter yang digunakan untuk penelitian ini berupa keadaan sumber energy dan beban listrik di sekitar Pulau Sempu. Hasil dari penelitian adalah tiga potensi pembangkit listrik tenaga hybrid di pulau sempu yaitu PLTS, PLTB dan PLTGL. Pada PLTS memiliki radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 dapat menghasilkan daya sebesar 8.640 Watt dengan menggunakan PV Array sebesar 10 m2. Pada PLTB memiliki kecepatan angin sangat baik yaitu rata – rata perbulannya antara 6,00 – 19,00 knot perbulannya dan mampu menghasilkan energi 340 watt untuk kecepatan angin 6.17 m/det per satu turbin angin. Ketinggian ombak di pulau sempu 5.1 m dan mampu menghasilan daya 1.852.830 Watt.

Article Details

How to Cite
Faiz Syaikhoni Aziz, Ahmad Muzakki Setiawan, & Agung Setyobudi. (2020). Potensi Pembangkit Tenaga Listrik Hybrid Renewable Energy di Pulau Sempu. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/275
Section
Articles

References

M. Najib Habibie, Achmad Sasmito, Roni Kurniawan. 2011. Kajian Potensi Energi Angin di Wilayah Sulawesi dan Maluku.

Supranto.2015.Teknologi Tenaga Surya.Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Ibrahim Nawawi. 2017. Sistem Tenaga Angin Sekala Kecil Pada Bangunan Bertingkat. Universitas Tidar Magelang

Andreas Sobaa, Verna A. Suotha, Hesky Kolibua. 2019. Optimasi Kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) di Pulau Bunaken Menggunakan Software HOMER.

Alfan Rizal Ubaidilah. 2017. Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Tipe Oscillating Water Column Di Perairan Pulau Sempu Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya

Rosnita Rauf, Budiman, Helny Lalan . 2017. Studi Penyediaan Daya Listrik Hibrid (PLTMH, Photofoltaik) di Kabupaten Pesisir Selatan.

Tri Alfansuri, Efrita Arfa Zuliari. 2014 . Kajian Potensi Tenaga Gelombang Laut Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik Di Perairan Malang Selatan.

Tatag Muttaqin, Ris Hadi Purwanto, Siti Nurul Rufiqo. 2011. Kajian Potensi Dan Strategi Pengembangan Ekowisata Di Cagar Alam Pulau Sempu Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.