Integrasi Sistem Penyimpan Energi Bergerak pada Rumah Pompa untuk Memaksimalkan Utilitasi Energi Listrik

Main Article Content

Rizki Wahyu Ismadani
Dedet Candra Riawan
Soedibyo

Abstract

Pembangunan rumah pompa pada area perkotaan bertujuan untuk mengalirkan genangan air yang telah ditampung pada saluran drainase menuju saluran pembuangan yang letaknya lebih tinggi melalui pengoperasian pompa drainase. Operasi pompa drainase di rumah pompa bersifat intermittent dengan periode mengikuti musim. Pada musim hujan jumlah energi listrik yang dibutuhkan sangat tinggi karena pompa bekerja dengan frekuensi tinggi. Sebaliknya pada musim kemarau pompa bahkan tidak bekerja sama sekali. Pada rumah pompa yang mendapat suplai dari PLN, biaya minimal pemakaian energi listrik dibatasi oleh jam minimum. Dengan operasi intermittent tersebut maka biaya energi listrik yang dibayar masih relatif tinggi meskipun pada saat musim kemarau. Dengan berkembangnya tekonologi konverter elektronika daya dan sistem penyimpan energi listrik / Energy Storage System (ESS), potensi integrasi penyimpan energi listrik dengan jaringan suplai tenaga listrik bisa menjadi cara untuk memaksimalkan pemakaian energi. Paper ini membahas topologi, sizing, dan analisis energy balance pada Mobile Energy Storage System (MESS) yang terintegrasi dengan jaringan suplai listrik pada rumah pompa.

Article Details

How to Cite
Rizki Wahyu Ismadani, Dedet Candra Riawan, & Soedibyo. (2021). Integrasi Sistem Penyimpan Energi Bergerak pada Rumah Pompa untuk Memaksimalkan Utilitasi Energi Listrik. SinarFe7, 4(1), 289–295. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/28
Section
Articles

References

N. Hendrasarie, "Evaluasi Banjir pada Area Drainase Kali Kepiting dan Kali Kenjeran Surabaya Timur," Jurnal Rekayasa Perencanaan, vol. 2, no. 1, p. 2, 2005.

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, "Draft Laporan Akhir Surabaya Drainage Master Plan Tahun 2018-2038," Badan Pengembangan dan Pengelola Usaha Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2018.

Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan, Operasi dan Pemeliharaam Sistem Pompa, Jakarta: Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, 2013.

H. Abdeltawab and Y. A.-R. I. Mohamed, "Mobile Energy Storage Sizing and Allocation for Multi-Service in Power Distribution Systems," IEEE Acces, vol. 7, pp. 176613-176623, 2019.

M. S. Whittingham, "History, Evolution, and Future Status of Energy Storage," Proceedings of IEEE, vol. 100, pp. 1518-1534, 2012.

S. S. Hosseini, A. Badri dan M. Parvania, “A survey on mobile energy storage systems (MESS) : Applications, challenges and solutions,” Renewable and Sustainable Energy Reviews, vol. 40, no. Elsevier, pp. 161-170, 2014

M. Rashid, “Power Electronics Handbook-Second Edition”, Academic Press, 2007.

M. T. Afif dan I. A. P. Pratiwi, “Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium-Polymer, Lead Acid, dan Nickel-Metal Hydride pada Penggunaan Mobil Listrik-Review,” Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 95-99, 201