Sistem Pemantauan Total Harmonic Distortion Secara Real Time Menggunakan Metode Feedforward Neural Network

Main Article Content

Santa Setiawati
Faqih Rofii
Diky Siswanto

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan peralatan elektronika pada rumah tangga semakin tinggi. Dalam era ini, Banyak peralatan elektronik yang menggunakan rangkaian semikonduktor. Sebagai contoh peralatan seperti televisi, LED display screen, laptop dan juga charger merupakan sejumlah peralatan yang menggunakan rangkaian semikonduktor. Rangkaian semikonduktor menimbulkan frekuensi berbeda dari frekuensi dasar dan mengganggu frekuensi dasar dalam arus dan tegangan. Fenomena ini disebut distorsi harmonisa. Efek buruk gangguan harmonisa pada peralatan elektronika adalah membuat semakin rendah usia dari alat tersebut. Oleh karena itu pemantauan dan pengendalian dari gangguan harmonisa semakin dikembangkan. Pada artikel ini dipaparkan tentang rancang bangun alat pemantau gangguan harmonisa menggunakan sensor arus dan sensor tegangan yang keduanya tersambung dengan Arduino sebagai media akuisisi data. Data arus dan tegangan yang diperoleh diubah dari domain waktu menjadi domain frekuensi dengan metode Fast Fourier Transform (FFT). Data yang sudah menjadi domain frekuensi kemudian diambil magnitudonya. Hasil dari FFT akan diolah menjadi nilai Total Harmonic Distortion (THD) dengan metode neural network.

Article Details

How to Cite
Santa Setiawati, Faqih Rofii, & Diky Siswanto. (2020). Sistem Pemantauan Total Harmonic Distortion Secara Real Time Menggunakan Metode Feedforward Neural Network. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/283
Section
Articles

References

I. Soemarwanto, “Studi Analisis Pengaruh Harmonisa Beban Nonlinier Rumah Tangga Terhadap Hasil Penunjukan Kwh Meter Digital 1 Fasa,” Jurnal Mahasiswa Teub, vol. 2, no. 1, 2014.

R. Dhavitra, Firdaus, and Feranita, “Analisis Dampak Total Harmonic Distortion Terhadap Losses Dan Derating Pada Transformator Distribusi Di Fakultas Teknik Universitas Riau | Dhavitra | Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik dan Sains.” https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFTEKNIK/article/view/6 386/6085 (accessed Mar. 31, 2019).

A. SURYAJAYA, “Pengaruh Total Harmonic Distortion (THD) Pada Suatu Sistem,” PhD Thesis, Prodi Teknik Elektro Unika Soegijapranata, 2011.

J. K. Phipps, J. P. Nelson, and P. K. Sen, “Power quality and harmonic distortion on distribution systems,” IEEE transactions on industry applications, vol. 30, no. 2, pp. 476–484, 1994.

I. Ismujianto and I. Isdawimah, “DESAIN SISTEM MONITORING KUALITAS DAYA LISTRIK SECARA ONLINE,” Jurnal Poli-Teknologi, vol. 14, no. 2, 2016.

E. Yuliani, A. N. Aini, and C. U. Khasanah, “PERBANDINGAN JUMLAH EPOCH DAN STEPS PER EPOCH PADA CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK UNTUK MENINGKATKAN AKURASI DALAM KLASIFIKASI GAMBAR,” Jurnal Informa, vol. 5, no. 3, pp. 23–27,2019