Setting Differential Relay Transformer (87T) dengan Pertimbangan Vector Group pada PLTU Tenayan 2x110 MW

Main Article Content

Margo Pujiantara
Teuku Rizki Firdausi
Vincentius Raki Mahindara
Vita Lystianingrum

Abstract

PT. Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Bisnis Jasa Operasi dan Pemeliharaan (UBJOM) PLTU Tenayan memiliki peralatan proteksi yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan pembangkitan listrik. Salah satu proteksi utama yang digunakan pada PLTU Tenayan adalah differential relay transformer (87T). Differential relay ini berfungsi melindungi main transformator dari gangguan dan bekerja dengan cepat dan selektif dalam memutus gangguan. Pada sistem kelistrikan PLTU Tenayan, main transformator maupun transformator UAT memiliki konfigurasi vector group, sehingga menyebabkan arus yang mengalir pada kedua sisi transformator akan berbeda, dan arus yang dirasakan oleh CT pada kedua sisi transformator akan berbeda pula, sehingga relay beroperasi tanpa adanya gangguan. Pada tanggal 9 Desember 2018, terjadi trip pada generator unit 1 PLTU Tenayan, sehingga menyebabkan blackout. Kejadian ini diduga akibat sambaran petir di sisi transmisi 150 kV. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis setting differential relay transformer (87T) dengan pertimbangan vector group pada PLTU Tenayan 2x110 MW. Metode penelitian dengan simulasi menggunakan software ETAP 12.6.0. Hasil analisis dari simulasi dan perhitungan di dapatkan nilai Idiff 1,5 Ie dan slope sebesar 120%, nilai ini akan digunakan untuk setting differential relay transformer. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa differential relay transformer hanya bekerja ketika gangguan internal saja dan tidak beroperasi ketika gangguan eksternal. Sehingga differential relay transformer (87T) aman dari kesalahan trip dan kesalahan operasi.

Article Details

How to Cite
Margo Pujiantara, Teuku Rizki Firdausi, Vincentius Raki Mahindara, & Vita Lystianingrum. (2020). Setting Differential Relay Transformer (87T) dengan Pertimbangan Vector Group pada PLTU Tenayan 2x110 MW. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/284
Section
Articles

References

IEEE Industry Applications Society, "IEEE Recommended Practice for Protection and Coordination of Industrial and Commercial Power Systems". New York: Institute of Electrical and Electronics Engineers, 2001.

T. Gonen, "Modern Power System Analysis", 2 ed. Boca Raton: CRC Press, 2013.

J. L. Blackburn dan T. J. Domin, "Protective Relaying: Principles and Applications", 3 ed. Boca Raton: CRC Press, 2006.

"IEC-60909-0 International Standard". International Electrotechnical Commission, 2001.

J. D. Glover, T. J. Overbye, dan M. S. Sarma,"Power system analysis & design", 6 ed. Boston: Cengage Learning, 2017.

B. D. Metz-Noblat, F. Dumas, dan G. Thomasset, "Calculation of short-circuit currents". Schneider Electric, 2000.

"RCS-985A Generator Protection Instruction Manual". China: NR Electric, 2011.

S. Slumstrup dan F. F. da Silva, “Differential Protection of Transformers,” Aalborg University, 2018.

G. Ziegler, "Numerical differential protection: principles and applications", 2 ed. Erlangen: Publicis, 2012.