Smart LCD Proyektor Balancing Berbasis Android

Main Article Content

Febrian Andi Pratama
Miftachul Ulum
Riza Alfita

Abstract

Penggunaan LCD Proyektor sebagai salah satu media penunjang kegiatan belajar mengajar sudah lumrah ditemukan dalam dunia pendidikan saat ini, contohnya di Universitas Trunojoyo Madura. Selama ini LCD proyektor sangat membantu dalam proses pembelajaran terutama untuk presentasi dan lain lain. LCD sangat termanfaatkan dengan baik dengan keterbatasan remote yang ada, sering kali proyektor harus dihidupkan secara manual, dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan tongkat yang panjang. Dalam jangka lama, jika hal ini terus dan sering dilakukan maka dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada proyektor tersebut dan dapat mengganggu proses belajar mengajar di dalam ruangan. Solusi dalam hal tersebut adalah dengan membuat simulasi alat maupun aplikasi pengendali proyektor yang berfungsi untuk menghidupkan, mematikan, mengetahui kemiringan dan mengatur arah gerakan pada proyektor. selanjutnya, aplikasi ini dapat ditanamkan pada perangkat mobile khususnya handphone berbasis Android. Alat ini menggunakan module bluetooth, arduino sebagai media koneksi antara android dan arduino. Dengan penggunaan aplikasi tersebut diharapkan dapat diterapkan guna menghindari kerusakan pada alat proyektor yang terlalu sering di gunakan secara manual dan tentunya akan sangat membantu proses belajar mengajar khususnya di Universitas Trunojoyo Madura

Article Details

How to Cite
Febrian Andi Pratama, Miftachul Ulum, & Riza Alfita. (2020). Smart LCD Proyektor Balancing Berbasis Android. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/287
Section
Articles

References

F. Benny, “Implementasi Sensor IMU MPU6050 Berbasis Serial I2C Pada Self-Balancing Robot,” Jurnal Teknologi Technoscientia., vol. 9, no. 1, pp. 18–24, 2016.

A. D. B. Sadewo, E. R. Widasari, and A. Muttaqin, “Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smart Android dengan Konektivitas Bluetooth,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 5, pp. 415– 425, 2017.

M.A. Hasan, N. Nasution, and D. Setiawan, “Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 160–169, 2017.

A. Fitriandi, E. Komalasari, and H. Gusmedi, “Rancang Bangun Alat Monitoring Arus dan Tegangan Berbasis Mikrokontroler dengan SMS Gateway,” J. Electr., vol. 10, no. 2, pp. 87–98, 2016.

A. Adriansyah and O. Hidyatama, “Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroller Arduino Atmega 328P,” J. Teknol. Elektro, vol. 4, no. 3, pp. 100–112, 2013.

H. Firdaus, “Rancang Bangun Penggerak Pintu Pagar Geser Menggunakan 12 Volt Direct Current (DC) Power Window Motor Gear,” Univ. Galuh, 2018.

G. Z. Adha, S. Hadiyoso, and A. Alfaruq, “Implementation Of Projector’s Lift Devices Based On Microcontroller,” in Applied Science, 2017, vol. 3, no. 2, pp. 3–6.

F. Subekti, A. Lestari, W. Sulistiyo, and T. R. Yudantoro, “Smart Remote To Projector System : Alat Bantu Presentasi Wireless untuk PC dan Smart,” JTET (Jurnal Tek. Elektro Ter. Polines, vol. 7, no. 1, pp. 26– 31, 2018

A. D. B. Sadewo, E. R. Widasari, and A. Muttaqin, “Perancangan Pengendali Rumah menggunakan Smartphone Android dengan Konektivitas Bluetooth,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 5, pp. 415–425, 2017

M. A. Hasan, N. Nasution, and D. Setiawan, “Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 8, no. 2, pp. 160–169, 2017.