Sistem Informasi Perangkap Hama Serangga Dan Kondisi Perairan Di Persawahan Berbasis Internet Of Things

Main Article Content

Moh Fredy Riyanto
Rini Puji Astutik
Denny Irawan

Abstract

Hama serangga yang menggangu pertumbuhan tanaman padi menjadi faktor utama penyebab penurunannya hasil panen padi milik petani. Untuk mengetahui keberadaan hama serangga dalam persawahan di butuhkanlah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengetahui populasi hama. Cara terbaik untuk mengetahui populasi hama adalah dengan menggunakan lampu perangkap hama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem lampu perangkap hama serangga dengan memperbaiki dan menambahkan sistem informasi pada alat tersebut dengan menggunakan sensor kelembaban tanah, dan kamera ESP32-CAM yang semuanya terintegrasi dengan NodeMCU ESP8266 dan aplikasi telegram messeger serta menggunakan energi dari panel surya sebagai sumber tenaga listrik pada alat tersebut yang dimana alat ini nantinya diharapkan dapat membantu petani untuk mendapatkan informasi perangkap hama dan kondisi persawahan secara real time.

Article Details

How to Cite
Moh Fredy Riyanto, Rini Puji Astutik, & Denny Irawan. (2020). Sistem Informasi Perangkap Hama Serangga Dan Kondisi Perairan Di Persawahan Berbasis Internet Of Things. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/298
Section
Articles

References

Pinandita, Satria. 2014. Rancang Bangun Alat Pengendali Hama Wereng Mekanik Menggunakan LED dan Alat Penyedot. JNTETI.3(4).

Sembel, D. T. 2011. Dasar – dasar Perlindungan Tanaman. Andi :Yogyakarta.

Mukhlis. 2016. Penerapan Lampu Perangkap (Light Trap) dan Ekstrak Akar Tuba untuk Pengendalian Hama Penggerek Batang Kuning (Scirpophaga spp) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L). Jurnal Agrohita.1(1).

Andi Ilham, Hari. dkk. 2018. Alat Perangkap Hama Serangga Padi Sawah Menggunakan Cahaya dari Tenaga Surya. Journal of Applied Agricultural Science and Technology.2(1).

Rudi Cahyono, Gunawan. 2015. Rancang Bangun Alat Perangkap Hama Tanaman Padi menggunakan Arduino Mega 2560. Jurnal POROS TEKNIK. 7(2).

Baehaki, SE. 2013. Hama Penggerek Batang Padi dan Teknologi Pengendalian. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. IPTEK TANAMAN PANGAN.8(1).