ALAT PENDETEKSI KUALITAS OLI SEPEDA MOTOR BERDASARKAN TINGKAT VISKOSITAS BERBASIS MIKROKONTROLER

Main Article Content

Achmad Ubaidillah M.s.
Irfan Irianto
Achmad Fiqhi Ibadillah
Deni Tri Laksono

Abstract

Oli adalah cairan yang berfungsi untuk melumasi mesin agar gesekan antar komponen pada mesin relatif kecil. Indikator yang digunakan untuk menentukan oli tersebut baik atau tidak saat digunakan adalah tingkat viskositas / kekentalannya. Umur pakai oli pada sepeda motor bervariasi bergantung pada jenis kendaraan, beban pemakaian, durasi pemakaian, suhu, dll. Para pengendara bermotor umumnya menentukan umur pakai oli berdasarkan jarak dan waktu pemakaian yang tertera pada buku panduan kendaraan. Namun hal tersebut tidak dapat digunakan untuk menentukan kapan seorang pengendara harus mengganti olinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk melakukan pergantian oli kendaraan berdasarkan tingkat kekentalan. Metode yang digunakan pada alat ini yaitu Falling Ball Viscometer (FBV). Metode FBV dilakukan dengan cara mengambil sebagian kecl dari oli kemudian menjatuhkan sebuah bola magnet ke oli tersebut. Bola tersebut akan melewati dua buah sensor magnet yang digunakan untuk mengukur kecepatan bola jatuh saat didalam oli. Metode ini mengadopsi konsep dari hukum Stokes yaitu bila sebuah bola bergerak dalam suatu fluida yang diam maka terhadap bola itu akan bekerja gaya gesek dalam bentuk gaya gesekan yang arahnya berlawanan dengan arah gerak bola tersebut.

Article Details

How to Cite
Achmad Ubaidillah M.s., Irfan Irianto, Achmad Fiqhi Ibadillah, & Deni Tri Laksono. (2021). ALAT PENDETEKSI KUALITAS OLI SEPEDA MOTOR BERDASARKAN TINGKAT VISKOSITAS BERBASIS MIKROKONTROLER. SinarFe7, 4(1), 6–9. Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/3
Section
Articles

References

Brice Calvignac, Elizabeth Rodier, Jean Jaquest Leatourneau, Pauline Vitoux, Cyriel Aymoniel, Jacquest Fages. “Development of an improved falling ball viscometer for high-pressure measurements with supercritical CO2”. International Journal of Supercritical Fluids. pp.96-106. 2017.

A.O. Niedermayer, T. Voglhuber, M. Heinisch, F. Feichtinger, B. Jakoby. “Monitoring of the dilution of motor oil with Diesel using an advanced resonant sensor system”. International Journal of Johannes Kepler University. doi: 10.1016/ j.proeng.2016.11.116. 2016.

Damayanti, Y., Lesmono, A. D., & Prihandono, T. “Kajian Pengaruh Suhu Terhadap Viskositas Minyak Goreng Sebagai Rancangan Bahan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3),307–314.2018.

Yudhis Dan, D., Pengukuran, A., Dengan, V., Bola, M., Berbasis, J., Optocoupler, S.,Isworo, D. “Viskositas. Jurnal Natur Indonesia”, 14(143), 230235.2017.

Qomaruddin, Gatot Budi Prasetyo.“Rancang bangun alat ukur viskositas oli motor bebek 4 tak mengunakan laser”. Pusat Penelitian Fisika – LIPI.2015.

Suhartono, D., Goeritno, A., Elektro, T., Ibn, U., & Bogor, K. “Prototipe Sistem Berbasis Mikrokontroler untuk Pengkondisian Suhu pada Analogi Panel dengan Analogi Sistem Air Conditioning”, 13(1), 22–30.2019.