Rancang Bangun Sistem Pemberi Pakan dan Pembersih Kotoran Pada Kandang Kelinci Berbasis Mikrokontroler Atmega 2560

Main Article Content

Berli Wahyu Ramadhan
Nuzul Hikmah

Abstract

Kandang kelinci merupakan tempat yang penting bagi kelangsungan hidup kelinci. Pada kandang kelinci, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan anatara lain pakan dan penampung kotoran. Dalam pemberian pakan dan pembersihan kotoran, masih dilakukan dengan cara konvensional. Terkadang para peternak kelinci terlalu banyak menguras waktu dan kurang efisien dalam pengerjaannya. Maka dibuatlah sistem kandang yang dapat memberi pakan sekaligus membersihkan kotoran pada kandang kelinci secara terjadwal. Sistem ini menggunakan sensor ultrasonik sebagai pengukur ketiggian pakan, ketika sensor mendeteksi ketinggian pakan kurang maka akan terisi kembali. dan konveyor sebagai pengangkut kotoran kelinci yang akan bergerak ketika jadwal yang ditentukan. Sistem ini menggunakan mikrokontroler Atmega2560 sebagai pengontrol dari sensor ultrasonik dan konveyor. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya kandang kelinci yang mepermudah pemilik untuk memberi pakan dan membersihkan kotoran ternak kelinci.

Article Details

How to Cite
Berli Wahyu Ramadhan, & Nuzul Hikmah. (2020). Rancang Bangun Sistem Pemberi Pakan dan Pembersih Kotoran Pada Kandang Kelinci Berbasis Mikrokontroler Atmega 2560. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/300
Section
Articles

References

Sarwono, B. (2002). Kelinci potong & hias. AgroMedia.

Widianto, E. D., Khasanah, M., Prasetijo, A. B., & Septiana, R. (2017). Sistem Otomatisasi Pembersihan Kotoran dan Pengaturan Suhu Kandang Kelinci Berbasis Arduino Mega2560. Jurnal Rekayasa Elektrika, 13(3), 133-138.