MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER INSTALASI LISTRIK DAN MOTOR BERBASIS AUGMENTED REALITY

Main Article Content

Mochamad Khoirudin
Riza Alfita
Koko Joni

Abstract

Instalasi listrik merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia baik dalam lingkungan industri maupun lingkungan sekitar rumah. Instalasi listrik terlihat mudah namun bila ada salah penyambungan mengakibatkan fatal alat kelistrikan maupun jiwa manusia. Oleh karena itu perlu mempelajari bagian dasar bagaimana merangkai instalasi listrik menggunakan bantuan modul trainer. Sasaran utama modul trainer ini ialah untuk menunjang proses belajar mengajar di perkuliahan khususnya di prodi teknik elektro. Modul trainer dibuat dalam komponen terpisah berdasarkan rangkaiannya yang disambung menggunakan kabel banana plug. Setiap komponen pada trainer juga diberi nama komponen dan simbol komponen yang dapat memudahkan untuk proses merangkai maupun memahami konsep rangkaiannya. Materi utama dalam rangkain trainer ini ialah Rangkaian direct on line, rangkaian forward reverse dan rangkaian star delta menggunakan motor 3 phase . Kemudian untuk motor 1 phase meliputi rangkaian saklar tunggal, rangkaian saklar seri, dan rangkaian saklar tukar. Setelah modul trainer jadi dibuatkan media pembelajaran praktik menggunakan augmented reality pada platform android untuk mempermudah siswa dalam belajar pengkabelan pada trainer instalasi listrik dan motor.

Article Details

How to Cite
Mochamad Khoirudin, Riza Alfita, & Koko Joni. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER INSTALASI LISTRIK DAN MOTOR BERBASIS AUGMENTED REALITY. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/301
Section
Articles

References

A. I. A. Widadi, B. Hermawan, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Trainer Lift Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Muhammadiyah 2 Sidoarjo,” vol. 7, pp. 271–276, 2018.

J. Modi, “Automatic Star Delta Starter,” no. April 2018, pp. 1160–1170, 2019.

I. Mustaqim and N. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,” pp. 36–48, 2017.

J. T. P. Haryani, “Augmented Reality (AR) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat,” vol. 8, no. 2, pp. 807–812, 2017.

R. A. Fakhrudin, S. Yamtinah, “Implementation of Augmented Reality Technology in Natural Sciences Learning of Elementary School to Optimize the Students Learning Result,” vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2019.

A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” vol. VIII, no. 2, pp. 1–10, 2010.

M. Y. I. R. Vivin Nahari, R. Alfita, “Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbasis Schoology Pada Matakuliah Computer Vision,” pp. 327–335, 2015.

T. Tohir, “Rancang Bangun Kendali Motor Induksi 3 Fasa Berbasis PLC Dengan Metoda Pemograman Function Block Diagram,” no. November 2019, pp. 501–511, 2019.

T. Sukmadi and Y. Christyono, “Pengasutan Balik Putaran Motor Induksi 3 Fasa Berbasis Sms Controller Menggunakan Bahasa Pemrograman Bascom,” vol. 2, 2013.

H. Istiqlaliyah, “Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Star Delta Dengan Rangkaian Manual Dan Plc Pada Motor Listrik 3 Phasa,” vol. 2, no. 2, pp. 16–21, 2017