RANCANG BANGUN MODUL TRAINER PRAKTIK INSTALASI LISTRIK DAN MOTOR

Main Article Content

Muhammad Jawahir
Haryanto
Riza Alfita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjang proses belajar mengajar pada matakuliah teknik tenaga listrik khususnya di Prodi Teknik Elektro Universitas Trunojoyo Madura. Maka dibuat modul trainer instalasi listrik dan motor. Trainer ini menggunakan konsep modular yaitu setiap komponen dirancang secara terpisah dan frame sliding yaitu mahasiswa dapat dengan mudah memasang atau melepas modul sesuai materi yang dipelajari. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas, realibilitas dan kelayakan trainer modul meliputi aspek bahasa materi, aspek isi materi, aspek desain modul praktikum dengan cara memberi kuisioner kepada 42 mahasiswa sebagai subjek pengguna modul trainer. Materi yang dibahas pada modul trainer ini adalah rangkaian hubungan single switch dengan lampu, rangkaian hubungan series switch dengan lampu, rangkaian hubungan change switch dengan lampu, rangkaian starting direct on line, rangkaian pembalik putaran motor dan rangkaian starting start delta menggunakan motor 3 fasa. Hasil pengujian unjuk kerja semua percobaan dinyatakan berhasil sesuai dengan yang diinginkan. Hasil uji validitas dan realibilitas menyatakan valid dan reliabel. Hasi uji kelayakan menunjukkan bahwa trainer instalasi listrik dan motor dalam kategori layak dengan total nilai rata-rata 3.5.

Article Details

How to Cite
Muhammad Jawahir, Haryanto, & Riza Alfita. (2020). RANCANG BANGUN MODUL TRAINER PRAKTIK INSTALASI LISTRIK DAN MOTOR. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/304
Section
Articles

References

A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” vol. VIII, no. 2, pp. 1–10, 2010.

H. Istiqlaliyah, “ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM STAR DELTA DENGAN RANGKAIAN MANUAL DAN PLC PADA MOTOR LISTRIK 3 PHASA,” vol. 2, no. 2, pp. 16–21, 2017.

T. Sukmadi and Y. Christyono, “PENGASUTAN BALIK PUTARAN MOTOR INDUKSI 3 FASA BERBASIS SMS CONTROLLER MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN BASCOM,” TRANSIENT, vol. 2 NO.4, no. ISSN 2302-9927, 907, 2013.

T. Tohir and P. N. Bandung, “Rancang Bangun Kendali Motor Induksi 3 Fasa Berbasis PLC Dengan Metoda Pemograman Function Block Diagram Control Design of 3 Phase Induction Motor Based PLC with Programming Function Block Diagram,” no. November 2019, pp. 501– 511.

H. Retnawati, ANALISIS KUANTITATIF INSTRUMEN PENELITIAN. Parama Publising, 2015.

A. I. Khalid, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK,” 2019.

Riza A. "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode Weighted Poduct". 10.14710/jmasif.6.11.27-36 no. ISSN 2086-4930, 2011