Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Persuratan Berbasis Web Pada Program Studi Teknik Elektro

Main Article Content

R. Gerry Franata
Achmad Ubaidillah M.S
Riza Alfita

Abstract

Sistem Informasi merupakan teknologi yang berpusat dalam mengolah data – data menggunakan komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi. Setiap instansi memerlukan informasi yang akurat serta cepat. Program studi teknik elektro merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas Trunojoyo Madura. Dalam mengefisiensi waktu serta meningkatkan mutu terutama dalam administrasi, maka diperlukan sebuah sistem informasi surat – menyurat. Tujuan dirancang serta dibangunnya sistem ini adalah mengurangi kelalaian dalam mengolah surat yang dilakukan oleh admin selain itu berfungsi mengelola data agar setiap admin yang bekerja di lingkup prodi teknik elektro dapat bekerja secara maksimal. Perancangan sistem informasi ini menggunakan sistem waterfall. Pada sistem ini menggunakan data flow diagram dan entity relationship diagram dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu kemudahan admin dan mahasiswa dalam memperoleh informasi selain itu admin dapat mengelola data – data surat serta mengelompokan surat dengan baik pada lingkup prodi teknik elektro Universitas Trunojoyo Madura.

Article Details

How to Cite
R. Gerry Franata, Achmad Ubaidillah M.S, & Riza Alfita. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Persuratan Berbasis Web Pada Program Studi Teknik Elektro. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/305
Section
Articles

References

Nirsal and Syafriadi, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Pada Universitas Cokroaminoto Palopo,” Pros. Semin. Nas. ISSN 2443-1109, 2016.

D. Puspitasari, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYAWAN BERBASIS WEB,” J. Pilar Nusa Mandiri, 2016.

Sutirman, “Inovasi Pembelajaran Kearsipan Digital,” ResearchGate, 2018. .

A. Suryadi and Y. S. Zulaikhah, “Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” J. Khatulistiwa Inform., 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.5738.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610.

R. 2014 Afyenni, “Perancangan Data Flow Diagram untuk Sistem Informasi Sekolah (Studi Kasus Pada SMA Pembangunan Laboratorium UNP),” Teknoif, 2014.

Q. Li, Y.-L. Chen, Q. Li, and Y.-L. Chen, “Entity- Relationship Diagram,” in Modeling and Analysis of Enterprise and Information Systems, 2009.

S. Anshar, “Pengertian PHP,” Membangun Aplikasi Web dengan Metode OOP. 2016.

C. Shah, “MySQL,” in A Hands-On Introduction to Data Science, 2020.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, 2017.