PERANCANGAN SISTEM E-MONEY MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER DAN RFID READER BERBASIS INTERNET OF THING DI SMPN 1 KAMAL

Main Article Content

Ahmad Chaerul Al’ulla
Riza Alfita
Achmad Fiqhi Ibadillah

Abstract

Catatan transaksi pembelian makanan pada kantin sekolah masih dilakukan secara manual. Hal tersebut menghabiskan waktu dan tenaga secara sia-sia. Di samping itu masalah lain yang terjadi adalah kesalahan pada saat menulis data penjualan. Berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan sistem informasi e-money yang baik, salah satunya menggunakan aplikasi berbasis website.Pada zaman sekarang terdapat teknologi-teknologi baru, salah satunya adalah mini PC terprogram yaitu Raspberry pi. Raspberry pi dapat diprogram sehingga dapat menjalankan sebuah sistem secara otomatis dan mampu menggantikan aktivitas manusia dalam hal tertentu. Dengan mini PC, permasalahan yang terjadi dapat teratasi. Dalam hal ini penulis membuat suatu sistem e-money dengan memanfaatkan raspberry pi 3 yang berfungsi untuk memproses dan mengolah input dan mengendalikan output. Input yang diproses berupa kartu.RFId yang tertanam pada kartu pelajar yang akan digunakan untuk e-money dan barcode scanner yang digunakan untuk pembacaan barcode makanan yang dibeli. Data pembelian yang dilakukan siswa akan tercatat di dalam website yang dibuat dan orang tua siswa yang melakukan pembelian akan mendapatkan notifikasi pembelian yang dilakukan siswa melalui telegram.

Article Details

How to Cite
Ahmad Chaerul Al’ulla, Riza Alfita, & Achmad Fiqhi Ibadillah. (2020). PERANCANGAN SISTEM E-MONEY MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER DAN RFID READER BERBASIS INTERNET OF THING DI SMPN 1 KAMAL. SinarFe7, 3(1). Retrieved from https://journal.fortei7.org/index.php/sinarFe7/article/view/314
Section
Articles

References

R. Susanto, A. Ananta, A. Santoso, and M. Trianto, “Sistem Absensi Berbasis RFID,” J. Tek. Komput., vol. 17, no. 9, pp. 67–74, 2009.

Aris, M. Ikhsan, Y. Windy, R. Ageng, and P. Angga, “Desain Aplikasi Sistem Informasi Absensi Karyawan Dengan Radio Frequency Identification ( Rfid ) Pada,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2015, pp. 6–8, 2015.

A. Husain, A. H. A. Prastian, and A. Ramadhan, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,” Technomedia J., vol. 2, no. 1, pp. 105–116, 2017.

C. W. Zhao, J. Jegatheesan, and S. C. Loon, “Exploring IOT Application Using Raspberry Pi,” Int. J. Comput. Networks Appl., vol. 2, no. 1, pp. 27–34, 2015.

H. T. Frianto et al., “Absensi Mahasiswa Menggunakan Sensor Rfid Untuk Perhitungan Kompensasi Kehadiran,” J. Ris. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 113–116, 2016.

A. Z. Hasibuan, H. Harahap, Z. Sarumaha, U. Harapan, P. Studi, and T. Informatika, “Penerapan Teknologi RFID Untuk Pengendalian Ruang Kelas Berbasis Mikrokontroler,” vol. 1, no. April 2018, pp. 71–76, 2019.

S. Maslikah, R. Alfita, and A. F. Ibadillah, “Sistem Deteksi Kantuk Pada Pengendara Roda Empat Menggunakan Eye Blink Detection,” pp. 123–128.

S. Communication, R. Pi, B. Base-station, D. Mitigation, and C. Science, “S u r j s s,” vol. 49, no. 1, pp. 195–200, 2017.

L. Mainetti, L. Palano, L. Patrono, M. L. Stefanizzi, and R. Vergallo, “Integration of RFID and WSN technologies in a Smart Parking System,” 2014 22nd Int. Conf. Software, Telecommun. Comput. Networks, SoftCOM 2014, pp. 104–110, 2014.

P. Surya, R. A. Ardi, L. Listiyoko, and S. Informasi, “Integrated Functional Member Card Menggunakan RFID Di Lingkungan STMIK Muhammadiyah Banten,” Semin. Nas. Inf. dan Multimed. 2018, pp. 157–162, 2018.

B. A. Prabowo, S. N Micrandi, and A. B. Osmond, “Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Transaksi Menggunakan RFID Dengan Sistem Saldo Pada Pembeli Untuk Toko Pintar Tanpa Kasir Accounting Information System And Transaction System Using RFID With Balance System on Buyer For Cashierless Smartshop,” vol. 2, no. 2, pp. 3540–3546, 2015.